Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Bekasi Komitmen Majukan UMKM

FOTO BERSAMA: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, foto bersama dengan jajaran dan pelaku UMKM. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus menggenjot sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan UMKM Makin Berani Siap Expo® 2023, yang bertempat di Mall Living Plaza Jababeka 2 Cikarang Utara.

Kegiatan ini menghadirkan aneka produk UMKM dari Kabupaten Bekasi, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, batik bekasi, kesehatan dan kecantikan, usaha ramah lingkungan, dan lain sebagianya.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, menyampaikan kegiatan UMKM Makin Berani Siap Expo® 2023 menjadi salah satu langkah konkrit Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk memajukan UMKM di Kabupaten Bekasi. Menurutnya, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut para pelaku UMKM dapat memantapkan diri dan meningkatkan daya saing di kancah global.

“Ini sangat konkrit, jadi pameran kita genjot hampir setiap bulan kita bikin pameran supaya produk UMKM kita terus menerus bisa memasarkan dan menjual produknya,” ujar Dani.

Dani mengatakan, dengan semakin banyaknya produk UMKM Kabupaten Bekasi yang masuk di pasar ritel modern, membuktikan bahwa UMKM Kabupaten Bekasi siap bersaing menembus pasar global.

“Saya yakin Indomaret tentunya punya standar untuk bisa memasukan barang-barangnya display di gerainya. Ada 16 produk lagi yang masuk di pasar retail, ini tambahan dari 40 produk sebelumnya yang sudah masuk. Hal ini menunjukan bahwa produk UMKM Kabupaten Bekasi tidak kalah dan siap bersaing,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi, Andi Suhadi, merasa bangga melihat semangat dan inovasi yang telah ditunjukan oleh para pelaku UMKM Kabupaten Bekasi.

Ia menuturkan kegiatan UMKM Makin Berani Siap Expo® 2023 ini menjadi wadah yang tepat untuk mempromosikan dan mendukung para pelaku UMKM Kabupaten Bekasi yang mempunyai potensi besar untuk menembus pasar global.

“Kami percaya bahwa keberhasilan UMKM tidak hanya terletak pada inovasi produk tetapi juga bagaimana UMKM mampu memadukan nilai-nilai budaya lokal dalam strategi pemasaran untuk menembus pasar ekspor,” imbuhnya.

Terakhir, ia berharap pelaku UMKM Kabupaten Bekasi dapat terus memperkaya dengan pengetahuan, keterampilan dan koneksi agar dapat bersaing secara global.

“Mari kita bersama mewujudkan dan mengangkat UMKM Kabupaten Bekasi ke tingkat yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, UMKM Makin Berani Siap Expo® 2023 menghadirkan kurang lebih 32 stand yang terdiri dari UMKM Makin Berani Start Up Competition, Forum UMKM Kecamatan se-Kabupaten Bekasi, pelaku UMKM yang sudah ekspor, UMKM Pengrajin Batik, Pelaku Koperasi di Kabupaten Bekasi, UMKM Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang, UMKM SMKN 2 Cikarang Barat, serta Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian.

Terdapat juga stand pelayanan legalitas NIB sertifikat halal toko during BEBELI, stand pelayanan yang menggunakan mobil keliling dari Disdukcapil, dan Pelayanan SKA dari Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Bekasi, Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda) 1 Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, serta para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin