Berita Bekasi Nomor Satu

10 Kampus Terbaik Jurusan Hukum di Indonesia

Universitas Indonesia menjadi salah satu kampus terbaik di Jawa Barat versi UniRank. (Twitter/X @univ_indonesia)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jurusan hukum masih menjadi salah satu program studi favorit bagi calon mahasiswa ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Siswa kelas 12 yang tahun depan sudah mantap memilih jurusan hukum, wajib mengetahui perguruan tinggi mana saja yang punya Fakultas Hukum terbaik.

Dilansir dari laman edurank pada Sabtu (16/12/2023), berikut 10 besar kampus dengan Fakultas Hukum terbaik versi 2023:

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menempati posisi tertinggi untuk Fakultas Hukum terbaik. Berdasarkan peringkat Dunia oleh EduRank, UI berada di posisi 596 perguruan tinggi terbaik. Sementara di tingkat Asia, UI berada di posisi ke-87 Asia.

  1. Universitas Gadjah Mada

Kampus negeri lain yang mempunyai Fakultas Hukum terbaik kedua ialah Universitas Gadjah Mada (UGM.) Secara global di Dunia, EduRank menempatkan UGM di urutan 767. Di ranah regional Asia, UGM ada di posisi ke-127.

  1. Universitas Diponegoro

Produktivitas karya ilmiah menjadi poin plus Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip). Peringkat global Undip di Dunia ada di posisi 910. Sedangkan di Asia, Undip berada di ranking 171 Asia.

  1. Universitas Airlangga

Universitas negeri di Surabaya ini menjadi kampus favorit di kawasan Jawa Timur untuk jurusan hukum. Berdasarkan EduRank, Universitas Airlangga (Unair) masuk dalam 943 besar Dunia dan 179 besar di ranah Asia.

  1. Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya, ada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. UNS berada di peringkat 996 perguruan tinggi terbaik Dunia. Sementara di Asia, UNS ada di ranking 197.

  1. Universitas Brawijaya

Perguruan tinggi negeri di Malang ini memiliki fakultas hukum dengan akreditasi A, sama halnya UI. Peringkat global Universitas Brawijaya ada di urutan 1.070 Dunia dan 217 regional Asia.

  1. Universitas Bina Nusantara

Sebagai kampus swasta, Universitas Bina Nusantara (Binus) dinilai patut bersaing dengan kampus-kampus negeri. Peringkat Dunia Binus berada di posisi 1.076. Di Asia, Binus ada di peringkat 219.

  1. Universitas Padjadjaran

Merupakan kampus negeri di Jawa Barat, Fakultas Hukum Unpad menduduki peringkat 1.115 perguruan tinggi terbaik Dunia. Sementara di Asia, Unpad berada di urutan 233.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

Sebagai universitas kependidikan, kualitas Fakultas Hukum UPI tetap unggul. Secara peringkat Dunia, UPI ada di ranking 1.156. Sementara di Asia, UPI ada di posisi 249.

  1. Universitas Negeri Malang

Satu lagi universitas negeri dari Malang yang masuk dalam 10 besar adalah Universitas Negeri Malang (UM). EduRank memberikan ranking Dunia UM di posisi 1.229. Sementara di Asia, menempati ranking ke-267. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin