Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Pengaruh Teknologi Digital Dalam Dunia Pendidikan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Memasuki zaman sekarang dengan adanya kemajuan teknologi yang mengglobal telah mempengaruhi di berbagai aspek kehidupan baik di bidang politik, ekonomi, kebudayaan, seni dan bahkan di bidang pendidikan.

Kemajuan teknologi pada perkembangan zaman ini merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Dalam bidang Pendidikan teknologi mempunyai pengaruh penting dalam ilmu pengetahuan dimana dalam ilmu pengetahuan para peserta didik di ajarkan tentang gejala dan fakta alam dan dengan adanya teknologi ini akan lebih memudahkan manusia megunakan teknologi untuk menerapkan ilmu pengetahuan tersebut.

Di zaman sekarang banyak sekali perkembangan teknologi digital, kehidupan jaman dahulu dengan jaman sekarang sangatlah berbeda. Begitupun dengan pembelajaran pasti sangat jauh berbeda, saat ini teknologi digital sudah memasuki seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan.

Perkembangan teknologi di era sekrang sangat pesat dan tidak bisa dihindari pengaruhnya terhadap pendidikan. Perkembangan teknologi digital dalam pendidikan sangat banyak sekali idea baru berguna untuk proses pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya model pembelajaran berkat perkembangan teknologi ini.

Dengan adanya teknologi informasi di dunia Pendidikan dapat meruntuhkan jarak antara pendidik dan pelajar. Teknologi informasi menyediakan pembelajaran tatap maya atau daring, yang dimana pembelajaran dilakukan melalui internet.

Banyak sekali website yang menyediakan pembelajaran daring atau online contohnya seperti google meet, zoom, Google Classroom, dan lain sebagainya. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar.

Pada era perkembangan teknologi digital yang berkembangan sangat cepat pasti banyak sekali dampak positifnya diantaranya yaitu: inovasi dalam pembelajran semakin berkembang dengan adanya invasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, dapat membuat kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik ada dalam satu ruangan, munculnya metode pembelajaran yang baru yang memudahkan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran, dapat membuat perpustakaan online

Dibalik banyaknya dampak positif dalam menggunakan teknologi digital bagi pendidikan pasti banyak sekali dampak negatifnya. Di antaranya yaitu: banyaknya informasi yang menarik bagi siswa di internet membuat siswa tidak focus lagi ketika pembelajaran berlangsung, maraknya penyebaran pornografi di kalangan peserta didik yang akan merusak moral generasi muda, banyaknya aplikasi menarik atau game online yang membuat peserta didik menjadi malas belajar dan meninggalkan kewajibannya karena terlalu asik dengan dunia maya.

Itulah berbagai dampak positif dan dampak negatif pembelajran memanfaatkan teknologi digital. Dengan adanya dampak negatif teknologi digital dalam pendidikan seharusnya semua pihak ikut mengontrol informasi yang didapat peserta didik, agar peserta didik bisa menerima pembelajaran yang baik dan benar.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dalam menggunakan teknologi digital bagi pendidikan. Namun banyak sekali juga dampak negatif dalam menggunakan teknologi digital bagi pendidikan. (*)

Nama Penulis:

1. Dewi Ratna Sari Situmeang 132310002
2. Saharani Wulandari 132310113
3. Amanda Octavia RamAdhani 132310068
4. Dwi Fatimah Azahra 132310108
5. Fitriani 132310073
6. Gina Fuadah 132310044
7. Rodyah Pebriyanti 132310036

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin