Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Soal Dugaan Penggelembungan Suara Caleg, Hipakad Ingatkan Oknum PPK dan Caleg di Bekasi

Ilustrasi Pemilu. Foto dok

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dugaan penggelembungan suara caleg kian menguat, menyusul molornya rekapitulasi di tingkat kecamatan hingga malam ini belum selesai.

Salah satunya rekapitulasi suara di Bekasi Timur yang molor membuat kecurigaan banyak pihak akan dugaan permainan penggelembungan caleg. Sampai malam ini, Kamis (29/2/24) rekapitulasi belum juga selesai. Padahal, 11 kecamatan lainnya sudah selesai.

Sekretaris Jendral Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Hipakad 63, Joko Dawoed meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bekasi Timur tidak main-main dalam proses rekapitulasi.

BACA JUGA: Dugaan Penggelembungan Suara Caleg Dapil 1 Bekasi Selatan-Bekasi Timur, Ketua KPU Minta Ini ke PPK

“Jangan coba-coba main mata dengan pihak yang berkepentingan untuk menggelembungkan suara caleg atau partai politik. Kami sudah dengar ada indikasi akan dugaan penggelembungan suara,” ungkap Joko.

Dugaan penggelembungan suara itu, imbuh Joko, makin jelas karena sampai saat ini proses rekapitulasi belum juga selesai.

“Hati-hati, kami terus pantau dan kawan lainnya juga pantau,” tegas Joko mengingatkan.

BACA JUGA: Polisi Dalami Dugaan Penganiayaan Saksi Partai Gerindra di Kota Bekasi

Joko juga meminta agar para caleg untuk tidak bermain menggelembungkan suara. Karena, lanjut dia, kabar soal dugaan oknum-oknum caleg sudah bermain dengan penyelenggara santer terdengar.

“Kami sudah kantongi nama-nama oknum caleg dan oknum penyelenggara yang diduga sudah transaksi. Nama-nama oknum yang diduga bermain itu sudah kami kantongi. Jika terbukti akan kami bawa ke ranah hukum,” ancam joko yang tidak bersedia menyebutkan inisial oknum tersebut.

“Kasus di Bekasi Selatan pun saya sudah dengar. Dan, kami akan segera laporkan itu ke Bawaslu. Dan, kami akan minta Bawaslu untuk segera merekap ulang di Bekasi Selatan,” lanjutnya

BACA JUGA: Dugaan Penggelembungan Suara Caleg Dapil 1 Bekasi Selatan-Bekasi Timur, Bawaslu: Kami Tunggu Laporan

Joko pun berpesan agar caleg-caleg fair dalam proses rekapitulasi di PPK. Karena, kata dia, para caleg itu akan jadi wakil rakyat dan panutan masyarakat.

“Harusnya tidak berfikir kriminal, dengan menggelembungkan suaranya. Bagaimana nanti kalau terpilih dari perbuatan kriminal?,” tandasnya. (rbs)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin