Berita Bekasi Nomor Satu

KCD Pastikan Sekolah di Bekasi Siap Gelar UNBK

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi melaksanakan belajar kelompok untuk menghadapi ujian kelulusan. antor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III memastikan kesiapan setiap sekolah dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bekasi. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASIKantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III memastikan kesiapan setiap sekolah dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bekasi.

UNBK dilaksanakan rentang waktu mulai dari 18 Maret 2024 – 4 April 2024. Setiap sekolah dapat menyesuaikan waktu sesuai dengan kesiapan masing-masing. Petunjuk teknis (juknis) dan panduan pelaksanaan UNBK telah disampaikan kepada setiap satuan pendidikan, memungkinkan mereka membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai kebutuhan.

“Kami sudah memberikan juknis sebagai arahan buat satuan pendidikan dalam mempersiapkan pelaksanaan ujian sekolah,” tutur Kepala KCD Pendidikan Wilayah III, I Made Supriatna kepada Radar Bekasi, kemarin.

Menurutnya, juknis tersebut dapat diaplikasikan sesuai dengan tingkat kesiapan masing-masing sekolah. Mencakup tahapan mulai dari pembuatan soal, pengecekan soal, persiapan panitia ujian, hingga pelaksanaan SOP.

“Juknisnya kurang lebih sama dengan tahun lalu, baik soal ujian dan kesiapan masing-masing sekolah,” ujar I Made.

Ia menegaskan bahwa setiap sekolah dapat melaporkan kesiapannya kepada KCD Wilayah III, termasuk hasil pelaksanaan UNBK.

“Kami hanya menerima laporan terkait kesiapan dan apa yang belum terlaksana,” beber I Made.

BACA JUGA: KCD Ajukan 77.998 Blanko Ijazah ke Disdik Jabar

Sementara Kepala SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi, Acep Hadi, menyatakan bahwa kesiapan pihaknya untuk UNBK telah mencapai 90 persen.

“Persiapan kami sudah 90 persen dan tinggal finishing saja,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa tahapan seperti pembuatan kisi-kisi, soal, dan kartu ujian sudah memasuki tahap akhir dan akan segera diselesaikan. Kesiapan lainnya, termasuk peralatan untuk UNBK, pembuatan juknis, serta SOP, telah rampung.

“Untuk pembentukan panitia ujian, juknis pelaksanaan, pembagian pengawas, dan SOP telah selesai semua,” tandas Acep. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin