Berita Bekasi Nomor Satu

Tips Menghafal 28 Huruf Hijaiyah

Ilustrasi huruf hijaiyah.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lancar membaca Alquran tidak dapat dipisahkan dari mengenal lebih dulu huruf hijaiyah. Salah satu tekniknya dengan menghafalkan huruf hijaiyah lewat sistem Iqro’.

Sistem Iqro’, cara mudah membaca Alquran mengenalkan, 28 huruf hijaiyah lewat serangkaian “kata” dan “kalimat”.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan menghafal huruf hijaiyah?

BACA JUGA: Pernah Belajar Mengaji Pakai Sistem Iqro`? Ini Sosok As`ad Humam Pencetusnya

Mengutip web Id.quora.com, waktu yang dibutuhkan untuk seorang anak menghafal huruf hijaiyah atau Iqra jilid 1 dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kemampuan anak dalam menghafal dan konsistensi latihan.

Berikut tips cepat menghapal huruf hijaiyah:

1. Interaktif

Setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Dalam membantu anak menghafal, penting untuk memberikan pendekatan yang berbasis pada permainan dan interaktif.

Mengenalkan huruf-huruf hijaiyah secara berulang-ulang melalui lagu, permainan kartu, atau metode pengajaran kreatif lainnya dapat membantu mempercepat proses pembelajaran.

2. Kesabaran

Selain itu, kesabaran dan penguatan positif adalah kunci penting dalam membimbing anak saat mereka belajar menghafal huruf hijaiyah.

Dengan perhatian dan bimbingan yang tepat, anak-anak dapat menguasai huruf hijaiyah dengan baik dalam waktu yang sesuai dengan kapasitas masing-masing.

3. Memahami Mental

Cara guru mengajarkan mempengaruhi cepat lambatnya peserta didik menghafal Alquran. Jadi cari cara terbaik dalam mengajarkan hafalan kepada si anak, dan memahami keadaan mental anak. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin