Berita Bekasi Nomor Satu

950 Siswa Bekasi Lolos SNBP 2024, Sisanya Siap Ikuti UTBK-SNBT

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Setu Kabupaten Bekasi memeriksa hasil SNBP di ruang komputer. Proses pendataan siswa yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk masuk perguruan tinggi negeri telah selesai. Sebanyak 950 siswa asal Bekasi berhasil lolos SNBP. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI  – Proses pendataan siswa yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 untuk masuk perguruan tinggi negeri telah selesai. Sebanyak 950 siswa asal Bekasi berhasil lolos SNBP.

Bagi siswa yang tidak berhasil lolos SNBP, mereka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT).

“Untuk pendaftaran UTBK-SNBT dibuka pada 21 Maret – 5 April 2024 dan selanjutnya akan mengikuti seleksi,” ujar Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah III, I Made Supriatna kepada Radar Bekasi, belum lama ini.

Supriatna berharap agar siswa yang telah mendaftar UTBK-SNBT dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. “Pihak sekolah akan mendampingi siswa dalam mengikuti UTBK-SNBT,” terang I Made.

Sementara, Kepala SMAN 1 Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Sayuti menyampaikan bahwa persentase siswa yang lolos SNBP hampir sama dengan tahun sebelumnya.

“Dari sekolah kami ada sekitar 27 siswa yang lolos SNBP,” ungkapnya.

Meski demikian, jumlah siswa yang mendaftar UTBK-SNBT tahun ini cukup tinggi.

“Berdasarkan data yang saya tandatangani untuk persyaratan UTBK-SNBT, itu jumlahnya sangat tinggi, kurang lebih 250 siswa,” beber Sayuti.

Menurutnya, siswa akan lebih serius dalam menyiapkan persyaratan mengikuti UTBK-SNBT, karena mereka dapat belajar dari pengalaman siswa yang telah menjalani seleksi sebelumnya.

BACA JUGA: Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Data Siswa Lolos SNBP 2024

“Berdasarkan pengalaman siswa eligible yang tidak lolos SNBP, menjadi pelajaran bagi siswa yang akan mengikuti UTBK-SNBT agar lebih serius dan berkonsultasi dengan tim Bimbingan Konseling (BK) di sekolah,” imbuh Sayuti.

Para siswa yang mengikuti UTBK-SNBT diharapkan dapat lebih matang dan rasional dalam memilih perguruan tinggi negeri dan program studi (prodi) yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

“Bagi siswa yang mendaftar UTBK-SNBT, sebaiknya bisa lebih bijak untuk memilih PTN dan prodi sesuai keinginan,” katanya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin