Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Tahun 2023, IPM Kota Bekasi 83,06, Angka Kemiskinan 4,10 Persen

Ilustrasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Foto net.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bekasi tahun 2023 meningkat menjadi 83,06 poin. Capaian tahun 2023 ini, menempatkan Kota Bekasi sebagai Kota dengan IPM tertinggi nomor 2 di Jawa Barat dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat setelah Kota Bandung dan Kota Depok. Sedangkan angka kemiskinan berada di kisaran 4,10 persen.

Ketua DPRD Kota Bekasi M Saifuddaulah mengatakan, Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Bekasi Tahun 2023 akan dilaksanakan secara terbuka di gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Margahayu, Jumat (19/4/2024).

Saifuddaulah mengatakan, pembahasan LKPJ kali ini dilakukan oleh komisi-komisi tanpa membentuk panitia khusus (pansus). Alasannya, agar pembahasan LKPJ sesuai dengan tupoksi dan bidangnya.

BACA JUGA: DPRD Kota Bekasi Gelar Paripurna KUA PPAS APBD 2024

“Sesuai Banmus, maka penugasan pembahasan LKPJ akan dilaksanakan oleh Komisi, agar pembahasannya lebih dalam sesuai bidang dan tugasnya masing-masing,” ujar Saifuddaulah.

Ketua DPRD yang biasa disapa Ustadz Daulah ini, memaparkan LKPJ Tahun 2023 sebagai bentuk pertanggungjawaban Wali Kota atau Pemerintah Kota dalam menjalankan program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan pada Tahun 2023. Selain itu, LKPJ Tahun 2023 juga menyampaikan capaian dan penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Bekasi pada Tahun 2023.

“Sudah tentu bahwa banyak target dan capaian yang sudah diraih Pemkot Bekasi, namun banyak juga yang perlu dikaji dan dievaluasi agar lebih baik dan terukur,” ujar politisi PKS ini.

BACA JUGA: Ratusan Pelajar Duduki Ruang Paripurna DPRD

Sementara Pj. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad memberikan apresiasi kepada Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat atas terlaksananya program dan kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan di wilayah Kota Bekasi pada tahun 2023 ini.

Gani memaparkan capaian kinerja makro Pemkot Bekasi dalam kegiatan pembangunan Kota Bekasi di tahun 2022-2023, berimbas dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bekasi menjadi 83,06 poin.

BACA JUGA: Paripurna HUT ke-26 Kota Bekasi Ditebar “Uang” Aktivis

“Meski IPM Kota Bekasi mengalami peningkatan, namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan, salah satunya  angka kemiskinan yang berada di angka 4,10 persen,” ungkap Gani dalam naskah paparan pidatonya.

Merujuk Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bekasi melalui Statistik Daerah Tahun 2023, Angka IPM Kota Bekasi di Tahun 2022 berada di angka 82,46 persen. Capaian tahun 2023 ini, menempatkan Kota Bekasi sebagai Kota dengan IPM tertinggi nomor 2 di Jawa Barat dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat setelah Kota Bandung dan Kota Depok. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin