Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

PLN Bekasi Siapkan 14 Lokasi SPKLU, Pengguna Kendaraan Listrik Tak Perlu Khawatir Kehabisan Daya

Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging milik PLN. FOTO: PLN  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Electric Vehicle (EV) saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat. Selain penggunaan EV atau kendaraan listrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan sejalan dengan program Pemerintah untuk mendukung target Net Zero Emission di tahun 2060, keuntungan lainnya yang di dapat adalah hemat biaya operasional, bebas aturan ganjil genap, tidak bising, dan masih banyak lainnya.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi siap mendukung transisi energi dengan mengoptimalkan infrastruktur ekosistem kendaraan listrik dengan penyediaan dan pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baik untuk kendaraan listrik roda dua maupun roda empat.

Di wilayah Bekasi sendiri saat ini sudah tersedia 14 titik SPKLU guna memudahkan pengguna EV dalam pengisian daya kendaraan listriknya.

Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra, menjelaskan ada salah satu SPKLU di kantor PLN Bekasi dengan tipe Ultra Fast Charging (UFC) yang memiliki keistimewaan yaitu mampu mengisi penuh mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt hour (kWh) hanya dalam waktu 30 menit saja dari posisi baterai kosong.

“SPKLU UFC dengan daya 200 kilo Watt (kW) ini juga dilengkapi dengan fitur Simultan Charger sehingga dapat mengisi 2 unit kendaraan secara bersamaan,” terang Donna, dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

Selain untuk kendaraan listrik roda empat, SPKLU di PLN UP3 Bekasi beserta Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerjanya juga sudah bisa dipakai untuk mengisi daya motor listrik.

“Di setiap SPKLU sudah tersedia konverter yang dapat dipakai secara gratis saat akan mengisi daya untuk motor listrik. Pelanggan cukup minta ke petugas keamanan yang sedang berjaga di lokasi,” ucap Donna.

Pengguna diimbau untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile atau CHARGE.IN untuk nanti dipakai saat proses pengisian daya. Selain itu, fitur Electric Vehicle yang tersedia dalam aplikasi PLN Mobile akan memudahkan masyarakat pemilik kendaraan listrik untuk langsung menemukan lokasi SPKLU terdekat dan juga melakukan transaksi pengisian baterai dalam satu genggaman.

BACA JUGA: Srikandi PLN Bekasi Gelorakan Safety Awareness dan Semangat Penghijauan di TK Global Prestasi Montessori

Adapun 14 titik lokasi SPKLU di wilayah Bekasi yang siap melayani pengguna kendaraan listrik, di antaranya:

1. SPKLU UP3 Bekasi (Jl Cut Mutia)

2. SPKLU ULP Bekasi Kota (Jl Ahmad Yani)

3. SPKLU ULP Medan Satria (Jl Sultan Agung)

4. SPKLU ULP Babelan (Jl Raya Babelan)

5. SPKLU ULP Bantar Gebang (Jl Pengasinan)

6. SPKLU ULP Mustikajaya (Jl Bantargebang Setu)

7. SPKLU Astrido Toyota ( Jl Jend. Sudirman)

8. SPKLU Hyundai Summarecon Bekasi

9. SPKLU Wuling Arista (Jl Raya Siliwangi)

10. SPKLU Daya Toyota (Jl Kalimalang)

11. SPKLU Voltron Summarecon Mall Bekasi

12. SPKLU Voltron Mall Metropolitan Bekasi

13. SPKLU Voltron Grand Metropolitan Mall Bekasi

14. SPKLU Rest Area Km 19B Bekasi Timur

Terpisah, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, menjelaskan untuk mengetahui titik lokasi SPKLU lebih mudah menggunakan aplikasi PLN Mobile.

“Para pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir lagi mencari titik SPKLU karena makin mudah lewat aplikasi PLN Mobile dari smartphone,” ucap Susiana.

Berikut langkah untuk mengetahui titik lokasi SPKLU lewat aplikasi PLN Mobile:

1. Pastikan aplikasi PLN Mobile sudah terpasang pada smartphone yang bisa diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

2. Buka aplikasi dan lakukan daftar/masuk akun, pastikan GPS anda aktif saat menggunakan aplikasi PLN Mobile.

3. Pilih menu “Electric Vehicle” pada pojok kanan atas layar.

4. Kemudian pilih menu “SPKLU” di antara pilihan lain.

5. Lokasi SPKLU yang paling dekat dengan lokasi anda akan terlihat, pilihan ini juga bisa di sesuaikan menggunakan Daftar atau Map. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin