Berita Bekasi Nomor Satu

6 Vitamin Yang Ampuh Jaga Kesehatan Jantung

Buah lemon dan kulitnya ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh./ Freepik

RADARBEKASI.ID, BEKASI–Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 17 juta orang meninggal per tahunnya akibat serangan jantung. Pola makan yang tidak sehat adalah alasan tertinggi dari banyaknya korban penyakit ini.

Mengonsumsi makanan kaya vitamin merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Lantas vitamin apa yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung, berikut informasi yang dilansir dari Jawa Pos, Rabu (19/6).

1. Vitamin D

Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan dapat membantu mengatur tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Treatment Options in Cardiovaskular Medicine menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung

2. Vitamin B6

Dikenal sebagai piridoksin, vitamin B6 adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar tetap sehat, Dimana jika kekurangan, akan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Daging babi, ikan, kacang tanah, oat, pisang, susu, beberapa sereal sarapan yang diperkaya, kedelai, dan bibit gandum merupakan sumber vitamin B6 yang baik.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah, kamu bisa mengonsumsi ikan, susu, keju, telur.

4. Vitamin C

Dikenal karena sifat antioksidannya, vitamin C membantu melindungi dinding arteri dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mencegah oksidasi kolesterol LDL. Banyak mengonsumsi berbagai buah jeruk, paprika, stroberi, brokoli, kubis brussel, kentang, dan blackcurrant juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.

BACA JUGA:Manfaat Nanas Yang Pasti Disukai Wanita

5. Vitamin E

Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin E seperti minyak gandum, almond, biji bunga matahari, kacang pinus, alpukat, selai kacang, ikan, dan paprika merah.

6. Vitamin K

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Nutrition Reports, vitamin K membantu menjaga penyakit kardiovaskular, terutama pada orang yang memiliki pasien penyakit ginjal berisiko tinggi dan kronis. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin