Berita Bekasi Nomor Satu

7 Vitamin Terbaik Atasi Stres dan Cemas Berlebih

Buah lemon dan kulitnya ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh./ Freepik

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi tingkat stres. Terdapat sejumlah vitamin dan suplemen yang telah terbukti efektif meningkatkan suasana hati, meredakan kecemasan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres. Dikutip dari Jawapos, Rabu (10/7), berikut rekomendai sumber makanan dan suplemen yang dapat dikonsumsi untuk atasi stres dan cemas berlebih:

1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks, terutama B6, B9 (asam folat), dan B12, berperan penting dalam produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang mempengaruhi suasana hati dan mengurangi stres. Sumber makanan kaya vitamin B kompleks antara lain: daging ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

2. Magnesium

Magnesium dikenal sebagai ‘mineral relaksasi’ karena membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur, yang penting untuk mengurangi stres. Sumber makanan kaya magnesium antara lain: bayam, kacang almond, alpukat, pisang, dark cokelat.

BACA JUGA:6 Vitamin Yang Ampuh Jaga Kesehatan Jantung

3. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat stres. Vitamin C juga berperan dalam produksi hormon stres kortisol. Sumber makanan kaya vitamin C antara lain: jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, paprika.

4. Ashwagandha

Ashwagandha adalah tumbuhan herbal adaptogen yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurveda untuk mengurangi stres dan kecemasan. Ashwagandha membantu menyeimbangkan hormon stres dan meningkatkan resistensi tubuh terhadap stres.

5. Rhodiola Rosea

Rhodiola rosea adalah tumbuhan herbal adaptogen lain yang dikenal dapat meningkatkan energi, daya tahan tubuh, dan mengurangi gejala stres. Rhodiola rosea membantu tubuh beradaptasi dengan stresor dan meningkatkan fungsi kognitif.

BACA JUGA:Manfaat Srikaya, Bantu Naiki Mood Hingga Kurangi Resiko Kanker

6. L-Theanine

L-Theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh hijau. L-Theanine dikenal dapat meningkatkan relaksasi tanpa menyebabkan kantuk. L-Theanine juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

7. Vitamin D

Vitamin D tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam mengatur suasana hati dan mengurangi risiko depresi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko gangguan mood dan kecemasan. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari pagi, ikan berlemak seperti salmon dan tuna, kuning telur, dan jamur. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin