Berita Bekasi Nomor Satu
Gempa  

81 Warga Luka-luka dan 450 Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Gempa di Kabupaten Bandung

Ilustrasi gempa. Foto dok.

RADARBEKASI.ID,BANDUNG-Sejumlah warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa Magnitudo 5,0. Beberapa di antaranya mengalami luka berat dan telah mendapatkan perawatan di fasilitas medis setempat. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) total korban luka sebanyak 81 orang di Kabupaten Bandung, 23 orang mengalami luka berat dan 58 lainnya luka ringan. Sedangkan di Kabupaten Garut ada satu orang.

“Mereka yang luka-luka telah mendapatkan perawatan di rumah sakit dan puskesmas yang berada di Kecamatan Kertasari,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Kamis (19/9).

Sementara itu, keluarga terdampak di Kabupaten Bandung dilaporkan sejumlah 491 KK dan di Kabupaten Garut 209 KK. BNPB memonitor adanya pengungsian warga di Kabupaten Bandung dengan jumlah 450 jiwa, di antaranya terkonsentrasi di Kantor Camat Kertasari. Sebaran wilayah kecamatan di Kabupaten Bandung yang merasakan guncangan gempa berada di Kecamatan Kertasari, Pangalengan, Ibun, Pacet, Arjasari dan Pameungpeuk. Sedangkan di Kabupaten Garut, terdapat di tiga kecamatan, yaitu Pasirwangi, Tarogong Kaler dan Sukaresmi.

BACA JUGA:Ini Dampak Gempa Bandung Raya Versi Badan Geologi ESDM

Rumah terdampak di Kabupaten Bandung dilaporkan sebanyak 491 unit. Selain tempat tinggal, dampak pada bangunan di wilayah ini, di antaranya fasilitas kesehatan 5 unit, pendidikan 9, gedung pemerintah 2, fasilitas umum 18 dan tempat ibadah 27.  Sedangkan di Kabupaten Garut, rumah terdampak sebanyak 209 unit, sarana pendidikan 7 dan fasilitas ibadah 5. Petugas BPBD setempat masih terus memutakhirkan jumlah kerusakan dan tingkat kerusakan pada bangunan terdampak yang telah terdata.

Sebelumnya, gempa bumi melanda Kabupaten Bandung Jawa Barat (Jabar), Rabu (18/9). Gempa terjadi sekitar pukul 9:41 WIB, dengan magnitudo 5,0. Informasi terkait gempa Kabupaten Bandung, disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun media sosial (medsos) X atau Twitter resminya, @infoBMKG.

Mengutip medsos X BMKG, gempa berada di lokasi 7.19 lintang selatan dan 107.67 bujur timur. Pusat ini terletak sekitar 24 kilometer (km) dari Kabupaten Bandung. “#Gempa Mag:5.0, 18-Sep-24 09:41:08 WIB, Lok:7.19 LS,107.67 BT (24 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” tulis akun resmi @infoBMKG. (ce1)