Politik

Panlih Minta Nasdem Sesuaikan Nama Cawabup

Radarbekasi.id – Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati DPRD Kabupaten Bekasi meminta Partai Nasdem menyesuaikan nama calon wakil bupati yang direkomendasikan. Pasalnya, Partai Nasdem merekomendasikan nama cawabup yang berbeda dibandung Partai Golkar, Partai Hanura dan PAN.

Ketua Panlih Wabup DPRD Kabupaten Bekasi, Mustakim menyatakan, pihaknya akan berkirim surat ke DPP Partai Nasdem berkaitan dengan rekomendasi nama cawabup yang harus sama dengan partai koalisi lainnya.

”Kita juga akan berkirim surat ke DPP Partai Nasdem. Kita mau mohon untuk bisa disesuaikan dengan partai koalisi lainnya, sesuai ketentuan perundang-undangan,” katanya, Sabtu (18/1).

Selain itu, pihaknya juga bakal berkirim surat ke bupati Bekasi untuk memberitahu nama cawabup yang telah didaftarkan ke empat partai koalisi ke DPRD.

Panlih pun akan melaporkan segala tahapan yang telah ditempuh dan apa saja yang terjadi pada proses pemilihan wabup ke Menteri Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda). ”Nanti kita akan mencari solusi dan memohon petunjuk lanjutannya,” tuturnya.

DPD Partai Nasdem Kabupaten Bekasi keukeuh mempertahankan rekomendasi Calon Wakil Bupati Bekasi (Cawabup) atas nama Rohim Mintrareja yang dikeluarkan oleh DPP Nasdem. Hal tersebut disampaikan Bendahara DPD Nasdem Kabupaten Bekasi, Warja Miharja.

”Nasdem prinsipnya tetap keukeuh mengusung Haji Rohim sebagai wakil bupati, walaupun partai lain tidak setuju,” ujar pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini, Selasa (14/1).

Menurutnya, di dalam aturan yang ada sudah jelas, yang punya kewenangan dalam hal ini partai pengusung. Ketika keempat partai itu sudah solid dengan mengusulkan dua nama yang sama bisa langsung diparipurnakan.
”Di aturan sudah jelas pemilihan bisa berjalan setelah adanya kesepakatan dari partai koalisi,” tuturnya.

Dirinya berharap, panlih tidak menyalahi aturan yang ada dengan memaksakan pemilihan tanpa adanya kesepakatan dari empat partai koalisi. ”Pokoknya jangan melawan aturan yang ada. Panlih tidak boleh melawan aturan,” tuturnya.(pra)

Tags
Close