Berita UtamaKesehatanPemerintahan

Nih, Cara Bekasi Perang Melawan Virus Corona

BEKASI SELATAN – Kota Bekasi tak ingin kecolongan soal virus mematikan, Corona. Sejumlah langkah antisipasi disiapkan. Diantaranya menyiapkan ruang isolasi sementara bagi pasien terpapar virus Wuhan tersebut.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi menyiapkan ruang isolasi yang sebelumnya direncanakan untuk penderita penyakit paru sebagai ruang sementara supaya tidak menular kepada manusia lain.

Ruang isolasi ini disiapkan di gedung F. Informasi terakhir tiga ruangan sudah siap dalam tekanan udara negatif. Gedung F ini memang semula direncanakan khusus untuk ruangan paru terpadu.

”Kalau ruang isolasi khusus nggak ada, kalau persiapan ruang isolasi ada beberapa digedung F, gedung yang baru, tapi kita persiapkan untuk penyakit paru, bukan virus yang baru ini ya. Tapi kalau memang ada kasus mungkin sementara, sebelum bisa dirujuk atau apa mungkin masih bisa,” jelas Kasi Pelayanan RSUD dr Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, Librianti saat dijumpai Radar Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengaku sudah mengintruksikan ke seluruh rumash sakit dan puskesmas di Kota Bekasi untuk melakukan Deteksi, pencegahan, respon serta antisipasi munculnya kasus tersebut.

“Jika di temukan kasus-kasus tersebut, Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang selanjutnya  (Fasyankes) agar dilakukan tatalaksana, isolasi dan dilaporkan secara berjenjang sesuai dengan sistem surveilans kesehatan yang berlaku di Dinkes Kota Bekasi untuk dinteruskan ke Dinkes Provinsi Jawa Barat dan Ditjen P2P Kemenkes,” katanya.

Virus corona jenis baru yang muncul di Wuhan, Tiongkok, bisa dibilang mematikan. Virus yang dinamai 2019-nCoV atau kemudian dikenal dengan flu Wuhan dilaporkan telah menyebabkan 41 orang Tiongkok meninggal dunia dan 13 negara terpapar virus ii.

Kondisi itu meningkatkan kekhawatiran soal penyebaran infeksi virus yang diduga berasal dari satwa liar yang diperjualbelikan secara ilegal. Jenis virus corona yang sebelumnya tak diketahui, diyakini berasal dari pasar satwa di pusat Kota Wuhan. Penyebaran virus tersebut kini menjangkau hingga ke Amerika Serikat. (sur/pay)

Related Articles

Back to top button