Migas

Sumur JAS 0-19 Bakal Tingkatkan Produksi Minyak dan Gas Asset 3 Subang Field

 

SUMUR BARU: Sumur Jati Asri (JAS) 0-19 di Desa Kalentambo, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang. Foto: Eko Iskandar

RADARBEKASI.ID, SUBANG – Kegiatan pengeboran oleh PT Pertamina Drilling Services Indonesia di Sumur Jati Asri (JAS) 0-19 akan mampu meningkatkan produksi minyak dan gas di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field.

“Sumur ini ditargetkan mampu memproduksi minyak 297 barel per hari (BOPD) dan gas 2,37 standar kaki kubik per hari (MMSCFD),” kata Drilling Operation Engineer Warnandas Ambar.

Hal itu dikatakannya kepada wartawan dalam acara media visit PT Pertamina EP di lokasi sumur JAS 0-19, Desa Kalentambo, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Selasa (4/2). Pengeboran di sumur milik PT Pertamina EP yang berada diatas lahan seluas 3,4 hektare itu menggunakan Rig PDSI #31.3 (D-1500 E).

Rig ini dioperasikan dan dikontrol secara akurat dengan sistem komputer. Pengeboran yang melibatkan 140 pekerja ini rencananya dilakukan selama 68 hari operasi dimulai pada 24 Desember 2019.

Hingga hari operasi ke-43 kemarin, pengeboran sudah mencapai pada kedalaman 3.255 meter dari target 3.243 meter. Oleh karena itu, pengeboran dipastikan akan selesai lebih cepat dari rencana.

“Setelah selesai akan di delivery-kan ke RU VI Balongan. Di sana nanti yang memproduksi,” terangnya.

Menurut Warnandas, kegiatan pengeboran di sumur ke-19 Jati Asri ini tidak mengalami kendala apapun. Ya, itu karena penerapan zero accident di area operasi.

“Tidak ada kendala, baik itu dari operasional atau pun lingkungan,” katanya.

Sementara, dalam keterangannya General Manager PT Pertamina EP Asset 3 Wisnu Hindadari menyampaikan, pada 2019 Asset 3 yang meliputi Tambun Field, Subang Field, dan Jatibarang Field, berhasil mencatatkan produksi minyak sebesar 13.074 BOPD dan gas sebesar 262,1 MMSCFD. (oke)

Back to top button