Berita Bekasi Nomor Satu

Taekwondo Siapkan 22 Atlet

Taekwondo
PELATCAB: Sebanyak 22 atlet kerangka Pekan Olahraga Derah (Porda) Taekwondo Indonesia (TI) Kota Bekasi mulai menjalankan pemusatan latihan cabang (Pelatcab). IST/RADAR BEKASI
Taekwondo
PELATCAB: Sebanyak 22 atlet kerangka Pekan Olahraga Derah (Porda) Taekwondo Indonesia (TI) Kota Bekasi mulai menjalankan pemusatan latihan cabang (Pelatcab). IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Pengurus cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kota Bekasi sudah menjalankan agenda pemusatan latihan cabang (Pelatcab) persiapan pra-Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022.

Ketua Harian TI Kota Bekasi, Arwani menyatakan, sebanyak 22 atlet mulai menjalankan Pelatcab akhir 2019 lalu.

”Kita sudah kantongi 22 atlet untuk Porda. Pelatcab sendiri sudah kita laksanakan dari sejak akhir tahun 2019 lalu. Tepatnya, Oktober 2020,” ujarnya saat di konfirmasi Radar Bekasi, Rabu (5/2).

Tahapan pelatcab Porda sendiri, kata dia, dilaksanakan di sekitaran komplek Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan.
Jumlah 22 atlet diakui Arwani berpotensi berkurang, karena proses pengerucutan atlet masih dilakukan.

”Mendekati babak kualifikasi (BK) Porda, yang diperkirakan akan dihelat tahun 2021 nanti, barulah akan kita tetapkan atlet inti,” jelasnya.
Arwani menambahkan, penentuan atlet sendiri, hasil program coaching clinic, kejuaraan cabang (Kejurcab), tryout, kejuaraan open, pelatcab Porda, ujian kenaikan tingkat dan pembinaan sabuk hitam.

”Yang paling prioritas menentukan yakni, hasil dari Pelatcab Porda dan Kejurcab 2020,” tuturnya.

Dia menegaskan, tahapan promosi degradasi, melihat hasil evaluasi kejurcab dan tryout, baik didalam negeri maupun luar negeri.

”Kita akan terus evaluasi dari setiap kejuaraan dan event yang diikuti atlet sebagai salah satu ukuran,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi, Lexius Malau membenarkan proses seleksi yang masih dilakukan pengcab.

”Rata rata-rata masih seleksi, masih pelatcab berjalan jangka panjang dan belum menginjak pelatcab utama,” ungkapnya.

Dalam memaksimalkan pelatcab jangka panjang pada atlet Porda, Bang Yos–sapaan akrabnya–mengaku akan meninjau ke lokasi latihan cabor.

”Semantara kita belum turun kesana, kita sendiri yang akan turun ke lapangan. Tapi memang sudah ada informasi terkait beberapa cabor yang sudah menjalankan pelatcab. Tapi sifatnya, masih pada kerangka tim Porda,” tuturnya.

Ia pun memberikan gambaran, salah satu cabor lain selain taekwondo, yakni tim futsal Kota Bekasi.”Untuk Futsal, kerangka tim sudah ada, dan terus menggenjot program pembinaannya,” tukasnya. (dan)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin