Cikarang

Kembangkan Taman Toga Organik dan Produk Olahan

Program
BINAAN: Ibu-ibu rumah tangga kelompok Toga binaan PT Pertamina EP Asset Tambun.

Radarbekasi.id – PT Pertamina EP Asset 3 Tambun berhasil mengembangkan Taman Obat Keluarga (Toga) Organik dan Produk Olahan bersama masyarakat di Desa Samudra Jaya, Kecamatan Tarumajaya dan Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan.

”Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan lahan pekarangan yang kurang termanfaatkan menjadi taman obat keluarga, serta meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penggunaan obat-obatan herbal,” jelas Tambun Legal and Relation Assistant Manager Retno Hastuti, dalam keterangan tertulisnya.

Ia menambahkan, ke depannya diharapkan program ini dapat mendorong pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) produk herbal Indonesia melalui pembuatan berbagai produk olahan tanaman obat sehingga dapat berdampak positif pada pendapatan masyarakat.

Program yang telah berjalan sejak 2016 ini diawali dengan membentuk Kelompok Toga Villa Samudra Jaya (VSJ) di Desa Samudra Jaya dan Kelompok Toga Saung Hijau Srikandi (SHS) di Desa Hurip Jaya. Kelompok diberi pelatihan agar lebih mengenal tanaman obat dan manfaatnya terutama tanaman obat yang sudah banyak tumbuh di lingkungan rumahnya sendiri. PT Pertamina EP Asset 3 Tambun juga membuat rumah toga untuk kelompok agar dapat dikembangkan lebih lanjut oleh masyarakat.

Seiring berjalannya program, kelompok juga diberi pelatihan serta pendampingan dalam pembuatan produk olahan toga untuk mendorong tumbuhnya usaha ekonomi masyarakat. Beranggotakan bapak-bapak dan ibu-ibu rumah tangga kini baik Kelompok Toga VSJ maupun SHS mampu membuat berbagai produk olahan toga, seperti simplisia (daun kering), teh celup, serbuk instan, minuman segar, keripik, es krim hingga kopi stamina.

”Alhamdulillah, kami sekarang bisa membuat minuman segar seje (serai jahe) manis, kunyit asem, bir plethok, es krim daun kelor, keripik dari daun kelor dan masih banyak lagi. Lumayan untuk tambahan sehari-hari,” ujar Ketua Kelompok Saung Hijau Srikandi Rosidah.

Untuk mendukung pemasaran kelompok, PT Pertamina EP Asset 3 Tambun rutin mengonsumsi minuman segar yang dibuat kelompok usai senam setiap Jumat. Selain itu, juga menginisiasi kerja sama pemasaran produk antara kelompok dengan CV Bintang Terang Lestari.

Hasilnya, saat ini Kelompok Toga Villa Samudra Jaya menjadi pemasok simplisia untuk CV Bintang Terang Lestari, salah satu pabrik pembuat produk obat herbal di Indonesia. Harapannya dengan adanya kerjasama ini kelompok memiliki pemasaran tetap, sehingga dapat berdampak positif bagi pendapatan masyarakat.
”Semoga kelompok toga dapat terus berkembang dan maju sehingga dapat memberikan manfaat yang positif kepada masyarakat,” ungkap Ketua Kelompok Villa Samudra Jaya Kusdiyanto. (oke)

Tags
Close