Berita UtamaPendidikan

Gladi Bersih UNBK Berantakan

UNBK
ILUSTRASI: Sejumlah siswa saat mengikuti simulasi UNBK tahap pertama. Simulasi UNBK tahap kedua wajib diikuti oleh SMA/SMK khususnya di Kota Bekasi.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Kota Bekasi menemui kendala cukup serius atau berantakan. Pada hari pertama pelaksanaannya kemarin, sebagian besar peserta ujian tidak berhasil login ke server.

Jadwal Pelaksanaan UNBK menyisakan waktu kurang dari satu bulan lagi, sekolah berharap pelaksanaan gladi bersih di hari kedua ini berjalan lancar sehingga siswa bisa mempelajari teknis UNBK pada 16 Maret mendatang.

Gangguan server sepertinya sudah biasa terjadi saat gladi bersih, terutama di hari pertama. Namun, kali ini dalam satu ruangan hanya hitungan jari siswa yang berhasil masuk ke server UNBK, sisanya melewatkan kesempatan gladi bersih lantaran tidak bisa masuk.

”Kami ruangan lima, ada yang satu ruangan sama sekali tidak bisa login, ada empat komputer yang bisa login seperti itu,” terang Kepala SMKN 2 Kota Bekasi Agus Setiawan, Senin (17/2).

Hal ini terjadi lantaran server UNBK mengalami gangguan, tidak hanya pada sesi pertama. Hal serupa dialami selama tiga sesi gladi bersih UNBK di sekolahnya.

Ia berharap, gladi bersih bisa berjalan lancar, sehingga siswa mampu menyesuaikan diri dengan server UNBK. Lima ruangan ujian yang disediakan setiap sesinya diisi oleh 36 hingga 40 siswa, dari total 516 siswa yang akan mengikuti UNBK. Secara teknis diakui tidak ada perbedaan dengan penyelenggaraan UNBK tahun sebelumnya.

”Satu hari ini dipastikan bahwa tidak sukses untuk simulasi, tapi nggak tau besok, mungkin hari ini ada maintenance,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dialami oleh SMKN 3 Kota Bekasi, hanya segelintir peserta gladi bersih yang berhasil login server. ”Dilewat (peserta yang tidak bisa login), soalnya anak juga keburu bosen nungguin ga bisa-bisa,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 3 Kota Bekasi Yuni Lestari.

Di sekolah ini, disiapkan sembilan ruang ujian, masing-masing diisi 20 peserta ujian, dari total 501 peserta UNBK tahun ini. Total terdapat 140 SMK di Kota Bekasi, semuanya mengeluhkan hal yang sama pada gladi bersih kemarin.

”Kayaknya lagi maintenance Dapodiknya. Memang kalau gladiresik itu hampir setiap tahun memang itu hampir sama penyakitnya seperti itu,” ungkap Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Bekasi, Boan.

Pihaknya sudah mengajukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk menanggulangi permasalahan pada hari kedua ini. Gladi bersih dilaksanakan dua hari, hari pertama siswa dijadwalkan untuk gladi bersih mata pelajaran Bahasa Inggris, hari ini mata pelajaran kejuruan.

Sementara, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Disdik Provinsi Jawa Barat Wilayah III, Casmadi, belum memberikan jawaban kepada Radar Bekasi terkait permasalahan ini. (sur)

Data Fakta Simulasi UNBK:

Jumlah SMK Kota Bekasi : 140
Jadwal Gladi Bersih UNBK SMK : 17 dan 18 Februari
Jadwal UNBK SMK : 16 hingga 19 Maret
Jumlah peserta UNBK SMK Kota Bekasi : 21.502 peserta

Jadwal :
Sesi 1 : 07:30 WIB – 09:30 WIB
Sesi 2 : 10:30 WIB – 12:30 WIB
Sesi 3 : 14:00 WIB – 16:00 WIB

Mata pelajaran :
– Bahasa Indonesia : 50 soal
– Bahasa Inggris : 50 soal
15 soal Listening Comprehension
15 soal Reading untuk tuna rungu
35 soal pilihan ganda
– Matematika 40 soal
– Kejuruan 40 soal

Tags
Close