Berita Bekasi Nomor Satu

Hari Pertama Alami Kendala Teknis

UNBK
SERIUS: Sejumlah siswa SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi terlihat serius mengikuti simulasi UNBK pada hari pertama. Dewi Wardah
UNBK
SERIUS: Sejumlah siswa SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi terlihat serius mengikuti simulasi UNBK pada hari pertama. Dewi Wardah

Radarbekasi.id – Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dimulai pada 24 hingga 26 Februari 2020. Pada hari pertama pelaksanaan kemarin, kendala teknis dialami oleh beberapa sekolah di Kota Bekasi.

Berdasarkan data yang dihimpun, gladi bersih UNBK tingkat SMA di Kota Bekasi dilaksanakan oleh 110 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 15.678 siswa.

Kendala teknis salah satunya terjadi di SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi. Sebagian siswa peserta ujian di sekolah ini mengalami kesulitan akses laman konfirmasi tes.

”Jadi setelah mereka (siswa) mengisi token kemudian dilakukan konfirmasi tes sempat menunggu lama karena harus loading. Ternyata setelah selesai muncul pemeritahuan log out,” kata Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi Margo Cahyono, kepada Radar Bekasi, Senin (24/2).

Ketika kendala terjadi, kata dia, pihak sekolah sudah mencoba menangani berdasarkan tips yang diberikan oleh panitia UNBK. Namun, saat dicoba tak semua berhasil.

Akibatnya, pada sesi pertama ada lima siswa SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi gagal mengikuti simulasi pada hari pertama tersebut. Margono mengaku sudah melaporkan hal ini kepada panitia UNBK di tingkat Provinsi Jawa Barat.

”Kita sudah konfirmasi terkait dengan kendala ini kepada pihak provinsi,” ujarnya.
Pihak sekolah juga menyesalkan waktu pelaksanaan simulasi UNBK yang tidak sesuai dengan petunjuk teknis (juknis). Dalam juknis waktu yang diberikan 120 menit per sesi, sementara dalam pelaksanaannya siswa hanya bisa mengerjakan materi soal dalam waktu 60 menit.

”Yang kita sayangkan lagi proses simulasi ini waktu yang diberikan tidak sesuai dengan jadwal yang diberikan. Jadi ketika siswa belum selesai mengerjakan tapi sudah menghabiskan waktu 60 menit mereka akan log out begitu saja,” tukasnya.

Siswa SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi Jones Nicholas Fellyno mengaku mengalami kendala gagal log in. Padahal ia sudah memasukan user name dan token dengan benar.

”Saya sudah melakukan tahap-tahapnya yaitu memasukan user name juga token simulasi. Tapi gagal terus kesel juga karena beberapa teman saya bisa. Kalau kayak kaya gini buang-buang waktu pengerjaan nya,” ungkap Jones.

Kendala teknis juga terjadi di SMAN 7 Kota Bekasi. Pada sesi pertama gladi bersih UNBK, sejumlah siswanya sempat kesulitan untuk log in.

”Kendalanya tadi ada keterlambatan log in selama 30 menit. Kita langsung konfirmasi ke pusat dan alhamdulillah cepat ditangani,” ungkap Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 7 Kota Bekasi Acep Hadi.

Siswa SMAN 11 Kota Bekasi Bennedictus Putra Agung mengaku, sempat tidak bisa mengerjakan materi ujian selama 10 menit karena sistem terhenti. Namun setelah itu kembali normal.

”Kendala ada tapi sebentar doang kayak waktunya sempat berhenti, tapi setelah itu bisa ngerjain soal nya lagi,” ungkapnya.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Staf Pelayanan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah III Iwan menjelaskan, kendala yang dialami saat gladi bersih UNBK terjadi secara nasional. Semua kendala yang terjadi telah berhasil ditangani. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin