Pendidikan

Kadisdik Ajak Sekolah Terapkan Germas

Radarbekasi.id – Dengan ditetapkannya siaga satu virus Corona di Jawa Barat oleh Gubernur Ridwan Kamil, Kepala Dinas Pendidikan Kadisdik Jabar Dewi Sartika mengimbau pihak sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, tenaga pendidik hingga peserta didik agar tidak takut dan panik.

”Tidak perlu panik dan takut, namun tetap harus siaga. Salah satunya, dengan konsisten melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bersama-sama,” imbau Kadisdik, dikutip dalam laman resmi Disdik Jabar.

Kadisdik pun mendorong guru dan tenaga pendidik di sekolah untuk mengajak peserta didik melaksanakan Germas. ”Bisa dilakukan setiap upacara bendera atau sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas,” ujarnya.

Selain itu, Kadisdik juga mengimbau pihak sekolah untuk mengoptimalkan peran unit kesehatan sekolah (UKS) guna mengedukasi seluruh guru, tenaga pendidik, dan peserta didik dalam upaya pencegahan virus Corona. ”Upaya tersebut bisa dimaksimalkan dengan berkolaborasi dengan lembaga kesehatan di daerah,” ungkapnya.

Melalui surat edaran ”Pencegahan Penyebaran Virus Corona pada Lingkungan Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Barat” yang dikeluarkan Disdik Jabar, ada beberapa cara sederhana dalam menerapkan Germas.

Yakni, mengonsumsi makanan gizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker atau menutup mulut bila batuk, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak sempurna, segera ke fasilitas kesehatan terdekat bila merasa demam dan sesak napas serta senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. (oke/tim)

Related Articles

Back to top button