Berita UtamaPendidikan

Ujian Sekolah Tak Dilaksanakan Serentak

Ujian Sekolah
SERIUS: Sejumlah SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi terlihat serius mengerjakan soal dalam ujian sekolah. Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Ujian Sekolah (US) tingkat SMA dan SMK di Kota Bekasi tak dilaksanakan serentak. Jadwal ujian diserahkan sepenuhnya kepada sekolah masing-masing.

Kepala Seksi Pengawas Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Awan Suparwana menjelaskan, US tingkat SMA dan SMK tak dilaksanakan secara serentak.

”Kebijakan yang sudah dibuat oleh pihak provinsi yaitu pelaksanaan US untuk tingkat SMA diselenggarakan sebelum pelaksanaan UN, tetapi untuk tingkat SMK diselenggarakan setelah pelaksanaan UN,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (10/3).

Untuk waktu pelaksanaan, tak ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

”Kita serahkan kepada satuan pendidikan masing-masing atau bisa melibatkan MKKS untuk melaksanakan US secara bersamaan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAN 8 Kota Bekasi bidang Kesiswaan Sugeng Suwagi mengatakan, bahwa pelaksanaan US SMA di Kota Bekasi serentak dilaksanakan pada minggu ini. Hal ini berdasarkan keputusan MKKS SMA.

”Melalui MKKS diputuskan bahwa penyelenggaraan US akan dilaksanakan serentak untuk tingkat SMA di Kota Bekasi pada minggu ini,” katanya.
Berdasarkan keputusan tersebut, US SMA dilaksanakan mulai Senin (9/3) hingga Selasa (17/3). US diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 dengan jumlah 15 mata pelajaran.

”Dalam satu hari bisa 2-3 mata pelajaran yang akan diujikan,” jelasnya.
Hal senada disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi Margo Cahyono. Ia mengungkapkan, bahwa pelaksanaan US sudah dilaksanakan sejak Senin (9/3) lalu. Seluruh siswa kelas 12 baik jurusan IPA maupun IPS sudah melaksanakan US sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang sudah dibuat oleh pihak sekolah.

”Kita sudah melaksanakannya sejak kemarin dan ini dilaksanakan serentak untuk tingkat SMA. Jadi kita pihak sekolah mengikuti kebijakan yang sudah dibuat oleh pihak atasan,” katanya.

Selama pelaksanaan US, SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi meliburkan kegaitan belajar mengajar bagi seluruh siswa kelas 10 dan 11. ”KBM untuk kelas 10 dan 11 kita alihkan di rumah masing-masing. Sebab kita membutuhkan ruang yang cukup untuk pelaksanaan US dan tentunya siswa kelas 12 membutuhkan ketenangan dalam mengerjakan soal-soalnya,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button