Berita Utama

Istana Sebut Menhub Positif Corona

JAKARTA- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19).

Hal ini disampaikan Mensesneg Pratikno. “Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Subroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga.” kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3) seperti dikutip dari Detik.com.

Sebelumnya dikabarkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah menderita sakit. Belakangan, beredar isu bahwa Budi Karya terduga terjangkit virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Virus Corona Achmad Yurianto menegaskan, Budi Karya belum tentu terjangkit virus korona. “Jadi, masih belum positif,” ujar pria yang akrab disapa Yuri di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3).

Ketika dikonfirmasi JawaPos.com, Yuri mengatakan tidak tahu bahwa Budi Karya terpapar virus corona. “Enggak tahu saya,” katanya. Yuri menegaskan, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan informasi detail mengenai kondisi Budi Karya. “Belum. Belum ada berita apa-apa,” ungkapnya.

Sementara Staf Khusus Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan bahwa Budi Karya sedang dirawat di rumah sakit. Namun bukan karena terjangkit virus corona, melainkan tifus dan asma.

“Mengenai kondisi kesehatan Menteri Perhubungan RI, berikut ini disampaikan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah dalam perawatan di rumah sakit karena penyakit tifus dan asma yang sudah lama diderita,” kata Adita.

“Saat ini Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu,” ujar juru bicara Menhub, Adita Irawati, lewat pesan singkat, Selasa (10/3).

Adita mengkonfirmasi Budi mengalami tifus berdasarkan hasil lab. Adita memastikan Budi tetap melaksanakan tugas sebagai menteri dari rumah.

Budi diketahui berada di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Minggu (1/3). BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess. (jpc/d/rbs)

Related Articles

Back to top button