Metropolis

MUI Imbau Tak Ada ’Tarling’

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bulan Ramadan sudah di depan mata, pandemi Covid-19 belum kunjung usai. Tentunya, situasi ini sedikitnya akan merubah rutinitas ibadah umat muslim di bulan Ramadan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi telah mengeluarkan maklumat kepada umat muslim di Kota Bekasi terkait dengan panduan ibadah selama bulan ramadan. Mengingat, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung, selain Kota Bekasi berada di zona merah.

“Dalam rangka memaksimalkan amal ibadah ramadan dalam situasi darurat COVID-19, MUI Kota Bekasi membuat panduan ibadah ramadan di wilayah zona merah Covid 19,” terang Sekretaris MUI Kota Bekasi, Hasnul Khalid Pasaribu kepada Radar Bekasi, Senin (20/4).

Panduan ibadah tersebut telah dituangkan dalam maklumat MUI Kota Bekasi nomor 015/MUI-BKS/IV/2020. Hasnul memaparkan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh umat muslim di Kota Bekasi. Yakni menjalankan ibadah puasa sesuai dengan petunjuk syariat, menyempurnakan sunnahnya, serta menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa serta bersifat makruh.

Point penting lainnya, umat muslim dihimbau untuk tidak melaksanakan buka puasa bersama serta saur on the road, tidak ngabuburit, tidak melakukan tarawih keliling (Tarling), tidak menyelenggarakan acara Nuzulul Quran, tidak melaksanakan takbir keliling, tidak menyalakan petasan atau kembang api, tidak melakukan open house atau bersilaturahmi keliling usai shalat Idul Fitri, dan tidak melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau rekreasi.

“Semua dikerjakan di rumah dengan baik, benar sesuai petunjuk syari’at dan ikhlas semata-mata mencari ridho Allah, bisa secara berjamaah dengan keluarga inti atau dilakukan sendiri. Adapun Adzan dan Iqomah dapat dilakukan dari Masjid masing-masing sebagai pertanda masuknya waktu salat,” tukasnya.

Umat muslim di Kota Bekasi juga diminta untuk menunaikan zakat maal dan zakat fitrah lebih awal, sebagiannya disarankan untuk dialokasikan melalui lembaga penyalur zakat infaq shadaqah yang memiliki program penanggulangan Covid-19, seperti Baznas. (sur)

Related Articles

Back to top button