Bekasi

Ngezoom Bareng IKALUIN Bekasi Raya, Ini yang Dibicarakan

BEKASI, RADARBEKASI.ID-Kondisi pandemic Covid-19 tidak menyurutkan para Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (IKALUIN) Syarief Hidayatullah Cabang Bekasi Raya melakukan Halal Bihalal. Siang tadi, para alumnus UIN Jakarta yang berdomisili di wilayah Bekasi memilih halal bihalal digital melalui Zoom.

Ngezoom bareng yang dimulai pukul 14.00 itu selain menjadi ajang temu kangen juga diisi dengan agenda tausiyah oleh KH Dr. Muhammad. Zen, LC, MA dan bincang santai bertema ‘’Membangun Bisnis di Tengah Pandemi’’ bersama H. Zainul Miftah, S.Sos. Hadir juga Ketua IKALUIN Bekasi Raya, H. Heri Koswara, MA.

Kiai M. Zen, putra Kaliabang Bungur, Bekasi Utara, Kota Bekasi yang juga dosen di kampus UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta ini mengajak IKALUIN Bekasi Raya memperkuat agenda 5Ware (hardware, software, holdware, financialware dan ecoware). ’’Ini peran IKALUIN di masyarakat,’’ ungkapnya.

Hardware, kata M Zen, mungkin sudah banyak dilakukan para anggota IKALUIN.  ’’Hardware ini bisa dalam bentuk membangun pesantren, sekolah/lembaga pendidikan, LSM. Ini dibangun oleh mereka yang punya kemampuan ekonomi. Tap bisa juga dibangun bersama-sama, bersatu saling membantu dengan konsep sapu lidi,’’ papar alumni jurusan Manajemen Dakwah (MD), Fakultas Dakwah ini.

Sedangkan software, imbuhnya, bisa dimaknai para alumni mampu mengajak kebaikan-kebaikan lewat IT. ’’Mungkin bisa dengan membuat situs atau website untuk menyebarkan tulisan-tulisan para anggota. Saya ingat wasiat kiai Ali Mustafa Yaqub, pendiri pesantren Darussunnah. Supaya para santri sebaiknya jangan meninggal sebelum mereka menjadi para penulis. Walaa tamuutunna illa wantum kaatibuun,’’ cetusnya.

Holdware, kata Zen, menyangkut organisasi. ’’Alhamdulillah saat ini IKALUIN Bekasi Raya sudah punya kantor sekretariat,’’ paparnya.

’’Berikutnya financialware. Artinya apa. Dimanapun kita berada harus memberi dampak manfaat. Saat ini apa-apa harus ada UUD. Ujung-ujungnya duit. Nah, financial ini juga penting,’’ imbuh pria asli Bekasi yang kini bermukim di Ciputat, Tangerang Selatan.

Dalam acara ini, moderator yang juga Sekjen IKALUIN Bekasi Raya Hamdi, mengajak peserta zoom memberi saran dan urun rembug membangun agenda ke depan IKALUIN. Ajakan itu disambut positif para peserta. Diantaranya dengan bahasan agenda ekonomi agar IKALUIN mendirikan koperasi bagi anggotanya.

Ketua IKALUIN Bekasi Raya, H. Heri Koswara juga menanggapi positif usulan pendirian koperasi. Menurutnya koperasi akan menjadi agenda berikutnya yang baik untuk dapat saling membantu ekonomi anggota. ’’Saat ini yang juga paling penting adalah membantu dan menjaga ketahanan pangan yang sederhana dengan menanam sayuran dan buah-buahan yang paling cepat panennya. Ditanam di lingkungan rumah,’’ ungkap Heri Koswara yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Anggota IKALUIN Bekasi Raya lainnya yang juga pengusaha, Zainul Miftah, menyatakan siap membantu anggota yang mau mengawali dunia bisnis. ’’Saya siap membantu untuk sharing bisnis,’’ tandas alumni Fakultas Dakwah ini. (zar)

Tags
Close