BekasiCikarang

Terminal Kalijaya Kembali Beroperasi

BUS AKDP: Sejumlah Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang sudah mulai beroperasi sedang menunggu penumpang di Terminal Kalijaya Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (8/6). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sempat ditutup karena Covid-19, Terminal Kalijaya Cikarang, Kabupaten Bekasi sudah kembali dibuka untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Dalam Provinsi dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Terminal itu kembali berfungsi mulai Senin (8/6), karena penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) mulai dilonggarkan. Meski begitu, setiap kendaraan yang masuk ke terminal tersebut harus memenuhi sejumlah protocol kesehatan.

Hal ini disampaikan Kepala Pengurus Primajasa Wilayah Cikarang, Wirya kepada Radar Bekasi, Senin (8/5)

“Iya, perhari ini (kemarin,Red), terminal sudah dibuka, dan Bus AKD maupun AKAP boleh ngetem dan mengangkut penumpang dari terminal,” ujarnya.

Kata dia, dalam mengangkut penumpang, pihaknya setiap bus harus mengikuti standar protokol kesehatan. Mencakup, penyiapan hensanitizer, pengaturan jarak kursi penumpang, semprotan disinfektan dan Surat Izin Keluar Masuk Kendaraan.

“Kami juga masih berusaha melengkapi itu, termasuk pembatasan jarak antar penumpang dalam bus yang diperbolehkan hanya 50 persen. Kemungkinan besar, tanggal 15 Juni 2020 semua bus sudah beroperasi semua,” harapnya.

Selain bus AKAP, angkutan umum juga sudah mulai hilir mudik ke terminal tipe B tersebut. Seorang sopir angkutan umum, Dirja menyampaikan, dibukanya terminal sudah terlihat dari banyak-nya penumpang luar kota yang berdatangan.

“Kalau sudah seperti ini, setoran minimal bisa ketutup. Karena sebelum-nya, sama sekali tidak ada penumpang, sehingga tidak narik, sebab tekor terus- terusan,” ucapnya.

Dilain tempat, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKBP Rachmat Sumekar mengakui, dengan dibuka-nya Terminal Kalijaya, beberapa bus AKAP sudah mulai terlihat.

“Untuk arus lalu lintas (lalin) sudah mulai normal. Apalagi sejak dibukanya terminal, kendaraan sudah mulai ramai,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk di Kabupaten Bekasi sudah tidak ada cek poin lagi,melainkan hanya di perbatasan Bekasi-Jakarta.

“Setaip pengendara wajib menerapkan protokoler kesehatan dalam mengangkut penumpang,” terang Rachmat.

Hal senada disampaikan Kepala Terminal Kali Jaya, Dayan. Namun kata dia, untuk pengoperasian terminal,masih mengacu pada Peraturan Bupati (Perbub). Dimana, Kabupaten Bekasi masih dalam zona kuning.

“Untuk jam oprasional terminal masih dibatasi. Meski bus AKAP sudah beroperasi, namun untuk tujuan Jawa Tengah belum dibuka. Tandas Dayan. (dan)

Related Articles

Back to top button