Bekasi

Pemkab Terancam Kekurangan ASN

ILUSTRASI: Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bekasi usai mengikuti apel sebelum adanya wabah covid-19. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi terancam kekurangan Apratur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, pemerintah pusat memastikan tidak ada penerimaan maupun seleksi CPNS pada 2020 dan 2021 mendatang. Padahal, saat ini tenaga fungsional kesehatan, pendidikan, tenaga dokter kekurangan pegawai.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Edward Sutarman mengaku akan mengikuti peraturan yang ada, meskipun saat ini kekurangan pegawai,”Kalau kita itu ikuti pemerintah pusat. Kalau kita mengajukan formasi kebutuhan CPNS. Nah untuk menentukan itu dari sana. Mau diadakan atau tidaknya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (9/7).

Dia mengatakan, jumlah PNS yang pensiun setiap tahun mencapai 70 sampai 100. Sehingga apabila diakulasikan sampai tahun 2021, jumlah pensiun sekisaran 200.”Memang sebetulnya di kita masih butuh banyak. Tidak sebanding dengan angka pensiunnya,” ungkapnya.

Saat ini, ada beberapa jabatan fungsional yang masih kosong, seperti di kecamatan, SKPD, fungsional kesehatan, pendidikan, tenaga dokter, dan masih banyak lainnya. Dirinya menduga, kekurangan tersebut diangka ratusan.

“Kalau intansi yang kosong datanya ada di kantor, banyak juga. Saya enggak hitung juga jabatan-jabatan fungsional, masih banyak juga kebutuhan kita sebenarnya. Untuk kekurangannya sekisaran 300 kurang lebihnya,” bebernya.

Kendati demikian mantan Camat Sukakarya ini memastikan, apabila dilihat dari pengadaan pada tahun 2019 akan ada 471 CPNS yang akan masuk di Pemerintah Kabupaten Bekasi, setidaknya bisa mengisi beberapa bagian yang kosong pada saat ini.

Sayangnya, untuk tes kedua CPNS tersebut masih dilakukan penundaan hingga saat ini. Kemungkinan tes akan dilakukan di bulan September atau Oktober 2020.”Untuk pengadaan CPNS 2019 yang akan kita terima 471. Insya Allah cukup untuk mengisi kebutuhan CPNS sampai tahun 2021. Walaupun sebetulnya di kita masih butuh banyak CPNS,” ucapnya. (pra)

Close