BekasiMetropolis

Flyover Bulak Kapal Segera Dibangun

TAHAP PEMBANGUNAN: Petugas mengoperasikan alat berat di lokasi pembangunan Flyover Bulak Kapal, Jalan Juanda, Bekasi Timur, Selasa (14/7).RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi memastikan pembangunan flyover Bulak Kapal, Bekasi Timur mulai digarap tahun 2020 ini. Fly over yang akan menghubungkan Jalan Pahlawan dan Jalan HM Djoyo Martono, Arenjaya, Bekasi Timur ini masih dalam tahap pembebebasan lahan.

Kemarin, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto terlihat memantauan serta melakukan pengecekan kesiapan pembangunan .

“Saya melihat, pembangunan flyover sudah siap karena sebagian besar sudah dilakukan pembebasan lahannya. Yang kurang itu hanya ada di ujung Jalan Pahlawan saja,” kata Tri sapaan akrabnya ketika melakukan pemantauan di Jalan Pahlawan, Bekasi Timur beserta stakeholder terkait, Selasa (14/7).

Selain itu, pihaknya juga sudah perintahkan kepada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) untuk melakukan review desain untuk efisiensi biaya pembebasan lahan.

“Kita akan kurangi, karena terkait dengan biaya pembebasan lahan kita bisa menghemat, kemudian biaya kontruksi,” imbuhnya.

Luas lahan pembangunan untuk flyover Bulak Kapal dari titik nol sampai 950 meter. Dari 950 meter tersebut akan di kurangi 150 meter. Pengurangan tersebut dinilai telah disesuaikan dengan standar Nasional.

“Jadi kalau Underpas itu butuh trek kurang lebih 800 meter, maka kita akan menghemat lahan jalan 150 meter,” terang dia.

Rencana pembangunannya flyover Bulak Kapal sendiri, ditarget bisa terlaksana tahun ini. “Ya mudah-mudahan bulan depan selesai proses lelang. Karena sekarang ini sedang proses pembongkaran. Jadi yang sudah dibebaskan kita bongkar secara bertahap,” jelasnya.

Dijelaskannya, pembangunan flyover Bulak Kapal diharapkan mengurai kemacetan yang ada di Kota Bekasi, yang mencaai 19 titik lokasi kemacetan di jalur utama.

“Mudah-mudahan dalam waktu tiga tahun kedepan akan kita selesaikan. Dan Pembangunan flyover Bulak Kapal sebagai pemecah kemacetan di Kota Bekasi,” ungkapnya. (pay)

Close