Pendidikan

Belajar Desain Setelah Sekolah Daring

Radarbekasi.id – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi membuat waktu belajar menjadi lebih ringkas. Hal itu membuat siswa memiliki banyak waktu luang.

Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh Fikri Hasan (16) untuk mengasah minatnya di bidang desain grafis. Setiap hari Fikri mengikuti jadwal belajar sekolah dari pukul 07.30-11.30 WIB. Setelah itu ia mulai membuka Adobe Photoshop-software desain grafis-yang sudah terinstal di laptop pemberian orangtuanya itu.

“Biasanya aku mulai buka photoshop dan coba-coba desain itu setelah ngikutin jadwal belajar daring,” ungkap remaja yang bersekolah di SMA Negeri 1 Kota Bekasi itu, Rabu (29/7).

Anak bungsu dari dua bersaudara ini mengatakan dirinya sangat mengandalkan platform Youtube sebagai sumbernya belajar.

“Buat sumber belajarnya aku sering liat video-video tutorial yang ada di Youtube karena disana banyak banget channel yang ngasih cara-cara desain logo, edit foto, bikin tipografi terus yang lainnya secara gratis,” tambahnya.

Fikri yang saat ini tinggal di daerah Karang Satria Tambun Utara Kabupaten Bekasi mengatakan, tadinya setelah belajar daring dirinya langsung main game yang ada di laptop atau membuka smartphone hanya untuk sekedar menonton konten hiburan di Youtube. Namun, dirinya mengaku bosan dengan rutinitas itu karena sudah terlalu sering ia lakukan selama liburan sekolah kemarin.

“Aku mulai jenuh dan sadar kalo cuma main video game atau main hp aja abis belajar itu kayaknya kurang bermanfaat karena udah sering dilakukan saat libur kemarin. Karena kondisi aku yang cukup terfasilitasi dari segi perangkat dan akses internet. Karena ada minat kesana aku mulai coba cari tutorial desain grafis di Youtube,” jelasnya.

Fikri yang saat ini duduk di bangku kelas 12 mengatakan, langkahnya untuk belajar desain grafis dari sekarang sebagai pengenalan apakah dirinya memiliki minat pada desain grafis dan bisa diperdalam dengan mengambil jurusan kuliah yang mempelajari bidang tersebut setelah lulus dari bangku SMA nanti.

“Kalo sekarang sih aku ada keinginan kuliah jurusan manajemen, tapi kalo ternyata kedepannya aku semangat belajar desain grafis ada kemungkinan aku juga cari jurusan yang belajar bidang ini buat pilihan saat daftar kuliah nantinya,” pungkasnya. (mg1)

Tags

Satu Komentar

  1. Selama pandemi covid-19 ini , saya juga meresa jenuh dan heran kenapa baju saya selalu kotor .!! Padahal saya gak pernah main pasir .

Close