Berita Bekasi Nomor Satu

Minat Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab? Daftar Sini

Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Foto: Reuters

JAKARTA, RADARBEKASI.ID-Ada kesempatan menarik bagi ustaz ataupun ulama Indonesia yang berniat menjadi imam masjid di Uni Emirat Arab (UEA). Saat ini Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam telah membuka pendaftaran calon imam masjid yang akan ditempatkan di negeri emirat di Timur Tengah itu.

Direktur Penerangan Agama Ditjen Bimas Islam Kemenag Juraidi mengungkapkan, UEA telah mengajukan permintaan soal imam masjid asal Indonesia. Untuk memenuhi permintaan itu, Kemenag lantas menggelar seleksi.

“Kami menargetkan 100 orang dari seleksi ini,” ujarnya, Sabtu (10/10). Juraidi menambahkan, pihaknya telah mengirim undangan ke seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Pejabat eselon II Kemenag itu pun membeber persyaratan calon imam masjid yang akan dikirim ke UEA. Di antaranya ialah calon harus hafal 30 juz Alquran dan membacanya secara fasih, sehat jasmani dan rohani, menguasai ilmu tajwid, mampu berbahasa bahasa arab, memahami hukum fikih dan memiliki pemikiran yang jernih.

Calon imam juga memahami retorika dakwah, mampu berkhotbah, berakhlak baik, berpaham ahlusunah waljamaah yang moderat, dan tidak tergabung dalam partai politik. “Menyiapkan dokumen ke luar negeri dan minimal berumur 25 tahun atau sudah menikah,” terangnya.

Lebih lanjut Juraidi mengatakan, calon yang berminat bisa mengirimkan curriculum vitae melalui surat elektronik di laman Kemenag selambat-lambatnya 20 Oktober 2020.

Adapun seleksi akan dilakukan pada 2-4 November 2020. Nanti peserta yang lulus akan dikirim ke UEA dan bertugas di sana selama dua tahun sesuai nota kesepahaman antara Indonesia dengan Negeri Petrodolar itu.

“Para imam terpilih akan bertugas minimal dua tahun dan bisa diperpanjang sesuai kinerja,” pungkasnya.(jpnn)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin