Pendidikan

Banyak Ilmu dan Pengalaman

Fatimah Az-Zahra
Fatimah Az-Zahra

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Fatimah Az-Zahra (16) merupakan pelajar yang aktif dalam ekstrakurikuler pramuka. Baginya banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dari organisasi tersebut.

Siswa jurusan IPA kelas X SMAN 19 Kota Bekasi itu mengaku, aktif ekskul pramuka sejak masih duduk di bangku SMP. “Ekskul pramuka ini banyak ilmu yang dipelajari, bukan hanya sekedar berorganisasi saja,” ungkap Zahra- begitu ia kerap disapa- kepada Radar Bekasi.

Dari ekskul pramuka, Zahra dapat menerapkan kedisiplinan, tanggungjawab, dan mampu menghadapi tantangan. Hal ini menurutnya pembelajaran yang tidak mudah didapat.

“Karena sebelumnya aku memiliki kesulitan untuk menerapkan perilaku itu semua,” katanya.

Selama 3 tahun aktif di ekskul Pramuka, sudah ada empat event perlombaan yang diikuti. Mulai dari tingkat kota, Jawa Barat, dan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).
“Alhamdulillah keikutsertaan aku dalam setiap event perlombaan selalu mendapatkan juara. Aku selalu fokus di lomba kepramukaan baris-berbaris tongkat (LKBBT),” ungkapnya.

Pada tingkat kota, dirinya meraih juara 1 dan 2, tingkat Jawa Barat juara harapan, dan juara 2 tingkat Jabodetabek. Prestasi yang diraih memberikan pelajaran bahwa usaha tak mengkhianati hasil.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Ini yang aku akan terapkan di kehidupan aku. Karena apapun yang kita kerjakan dalam niat dan sungguh- sungguh pasti hasilnya tidak akan mengkhianati,” tukasnya. (dew)

Back to top button