Nasional

Baru Dua Hari Libur Cuti Bersama, Ratusan Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota

JAKARTA, RADARBEKASI.ID-Baru dua hari libur cuti bersama, pergerakan kendaraan yang keluar dari ibu kota dan sekitarnya sudah mencapai ratusan ribu mobil.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, total kendaraan yang meninggalkan ibu kota dan sekitarnya, selama 2 hari atau terhitung dari 27-28 Oktober 2020, pada libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad 1442 H, sebanyak 336.929 ribu kendaraan.

Menurutnya, jumlah kendaraan itu merupakan kumulatif dari arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, antara lain GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama (arah Timur), dan GT Cikupa (arah Barat), serta GT Ciawi (arah Selatan).

“Total keseluruhan dari volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5%, dibandingkan lalin pada new normal saat ini,” kata Dwimawan secara tertulis, Kamis (29/10).

Dia menjelaskan, distribusi ratusan ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari ketiga arah terpantau mayoritasnya atau 51,62% menuju arah Timur, disusul 26,61% menuju arah Barat dan 21,77% menuju arah Selatan.

“Adapun rincian dari distribusi lalin ini, untuk arah timur GT Cikampek Utama 1, total 100.842 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 93,7% dari lalin new normal dan GT Kalihurip Utama 1, totalnya 73.078 kendaraan meninggalkan Jakarta atau naik sebesar 53,1% dari lalin new normal,” jelasnya.

“Dari total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 173.920 kendaraan, atau naik sebesar 74,3% dari lalin new normal,” sambungnya. (mhf)

Back to top button