Metropolis

Admin Medsos OPD Bakal Dievaluasi

DIRETAS: Warga mengamati akun Instagram Kecamatan Rawalumbu yang diretas oleh orang tak bertanggung jawab, Kamis (29/10). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Evaluasi admin media sosial (Medsos) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bekasi bakal dievaluasi menyusul adanya peretasan akun media sosial Kecamatan Rawalumbu belum lama ini.

Diketahui, foto profil akun Instagram, Kecamatan Rawalumbu, sempat diganti dengan foto syur oleh hacker hingga membuat heboh pengguna medsos.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi, Hudi Wijayanto mengatakan, pekan depan pihaknya akan melakukan evaluasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintahan Kota Bekasi.

“Minggu depan, Kamis (4/11) saya akan panggil semuanya untuk evaluasi,” kata Hudi ketika dikonfirmasi Radar Bekasi, Kamis (29/10).

Menurutnya, penyebarluasan informasi kegiatan dan program pemerintah yang dilakukan oleh OPD dimedia sosial dinilai penting. Sehingga hal tersebut harus dibangun sebaik mungkin sehingga pesan dapat diterima oleh masyarakat.

“Ya nantinya para admin yang ada di dinas, kecamatan dan juga kelurahan akan saya kumpulkan. Untuk kita evaluasi publikasi program dan kegiatan pemkot di medsos lebih maksimal,” ujarnya.

Tidak hanya Kecamatan Rawalumbu saja yang di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Website dan medsos sebagian OPD terpantau tidak aktif. Selain itu ada yang belum memiliki medsos atau website sebagai sarana publikasi program dan kegiatan.

Dirinya pun mengaku, memang ada beberapa OPD yang belum memiliki medsos atau website. Oleh karena itu dirinya akan mengevaluasi supaya masyarakat menerima informasi yang valid dari pemerintah melalui OPD yang ada.

“Karena Informasi itu penting, jadi akan kita tekankan kepada OPD dapat memberikan informasi yang valid salah satunya di website dan medsos resmi OPD,” jelasnya.

Ia pun menegaskan, terhadap IG Kecamatan Rawalumbu yang di hack, akan melaporkan ke pihak instagram sehingga bisa kembali normal.
a
“Memang yang diubah oleh hacker hanya profil saja. Maka kita akan tindak lanjut untuk memblokir akunnya ke pusat IG biar seluruhnya dihapus. Kita akan tindaklanjuti sesuai atauran dan undang-undang yang berlaku,” tukasnya. (pay)

Back to top button