Pendidikan

Tak Kapok Berbisnis

Aisah Octaviani
Aisah Octaviani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMAN 9 Kota Bekasi bernama lengkap Aisah Octaviani ini punya pengalaman tak mengenakkan dalam menjalani usaha. Ia pernah tertipu oleh supplier daring. Kendati demikian, hal itu tak membuatnya kapok untuk terus berbisnis.

Aisah begitu ia disapa memutuskan menjadi reseller pakaian dengan modal Rp150 ribu agar bisa memiliki penghasilan. “Saya berinisiatif untuk mencoba usaha jual beli karena ekonomi keluarga sedang menurun. Alhamdulillah dari situ saya sudah bisa menghasilkan uang sendiri, walaupun belum seberapa,” ungkap Aisah kepada Radar Bekasi.

Usaha itu dirintis saat dirinya masih kelas VII SMP. Pakaian ia jual secara daring melalui Whatsapp maupun Instagram muapun langsung kepada kerabatnya. Pada pertengahan jalan, usahanya mengalami peningkatan omset. Sehingga dirinya mencoba untuk memutar keuntungan untuk membeli kembali sejumlah pakaian.

Namun, ketika uang tersebut sudah dikirim ke salah satu penyetok barang, dirinya mengalami penipuan. “Saya coba untuk nyetok barang, tapi di reseller yang berbeda. Tidak disangka ketika sudah membayarkan sejumlah barang yang sudah saya pesan, saya tertipu,” tuturnya.

Ketika itu, ia mengalami kerugian Rp500 ribu. Jumlah itu bagi Aisah cukup besar karena merupakan keuntungan yang didapat dari dirinya berjualan sejak awal. Ia sempat mengalami trauma. Namun kedua orangtuanya berusaha memberikan semangat dan mencoba kembali memulai usaha.

“Rasa down dan kecewa sempat aku alamin. Kecewa banget karena keuntungannya ludes gitu aja,” tukasnya. (dew)

Back to top button