Metropolis

Southampton Pimpin Klasemen Lagi Setelah 32 Tahun

RADARBEKASI.ID, SOUTHAMPTON – Southampton mencatat rekor baru usai memukul Newcastle United 2-0 dalam laga pekan kedelapan Premier League di Stadion St. Mary’s, Sabtu (7/11) dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa Southampton memimpin klasemen untuk pertama kalinya sejak 16 September 1988.

Southampton untuk sementara menggusur Liverpool dari puncak klasemen, sebab meskipun sama-sama mengoleksi 16 poin, The Saints punya keunggulan selisih gol berupa surplus tiga dibandingkan surplus dua milik The Reds.

Absennya mesin gol utama Southampton, Danny Ings, yang harus menepi hingga enam pekan karena cedera lutut, berhasil ditutupi Che Adams dan Stuart Armstrong yang mencetak gol-gol penyokong kemenangan atas Newcastle.

Sejak mula tim besutan Ralph Hasenhuettl langsung keluar menekan tamunya dan membuka keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit, setelah Theo Walcott mengirim umpan silang yang diselesaikan dengan tendangan voli keras oleh Adams.

Tiga menit jelang turun minum, Walcott hampir mencetak gol untuk Southampton, tetapi tembakan melengkungnya masih melayang di sisi kanan gawang.

Southampton memasuki babak kedua dengan tensi serangan yang deras ke arah pertahanan Newcastle, tetapi tembakan Jan Bednarek masih bisa disapu oleh Jamaal Lascelles dan sepakan jarak jauh Oriol Romeu ditepis kiper Karl Darlow untuk dibenturkan ke mistar gawang.

Newcastle tak banyak melakukan ancaman dan gawang mereka malah kebobolan lagi pada menit ke-82 ketika Armstrong merebut bola dari Sean Longstaff sebelum melepaskan tembakan penyelesaian brilian demi menggandakan keunggulan Southampton.

Empat menit jelang bubaran Newcastle hampir membalas, ketika Joelinton menyambut umpan silang Jamal Lewis dengan tandukan tajam tetapi kiper Alex McCarthy mengamankan gawang tuan rumah.

Liga Inggris akan memasuki jeda internasional selama dua pekan setelah ini, sebelum Southampton dijadwalkan melawat ke markas Wolverhampton dan Newcastle menjamu Chelsea.

Posisi Southampton bisa saja tergusur jika Liverpool, Leicester City atau Tottenham Hotspur memenangi laga di pekan ke-8. (jpnn)

Back to top button