Pendidikan

Terjunkan Delapan Siswa di KOSN

SMP-Negeri-2-Kota-Bekasi
PEMBELAJARAN TATAP MUKA: Guru memberikan materi pelajaran kepada siswa di kelas saat simulasi pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 2 Kota Bekasi, Senin (3/8).Raiza Septianto Radar Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020 kembali di gelar. Kali ini Kota Bekasi  melaju ketingkat provinsi dengan 2 cabang olahraga yaitu pencak silat dan karate.

Kepala Seksi Peserta Didik SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi Yunus mengatakan, di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bekasi telah mengirimkan perwakilan siswanya dalam ajang KOSN.

“Setelah KSN selesai, kita juga akan mengikuti KOSN tahun ini. Untuk seleksi tingkat kota sudah sekarang kita lagi melaju ke tingkat provinsi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (11/11).

Yunus menyampaikan pelaksanaan KOSN berbeda dengan pelaksanaan KSN. Sebab pelatihan harus dilakukan oleh para pesertanya. Sementara untuk memenuhi hal tersebut tidak ada dana yang bisa diandalkan.

“Lagi-lagi tanpa dana karena untuk semua kegiatan sudah dinolkan dan dialihkan ke pusat, makanya saya mengarahkan sekolah untuk bisa memaksimalkan dana yang ada. Jadi meskipun harus mengeluarkan dana, ya jangan besar-besar banget lah. Itu bisa menggunakan dan BOS,” tuturnya.

Proses pendaftaran peserta KOSN sudah dibuka sejak 1-5 November 2020, peserta tingkat kota Bekasi diseleksi langsung oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan juga Persatuan Olahraga Karate Indonesia (PORKI). KOSN tahun ini, dilakukan secara daring.

“Dalam juknisnya untuk tingkat kota, langsung di seleksi oleh IPSI dan juga PORKI. Jadi selanjutnya setelah proses penyeleksian di kota, kita langsung ke tingkat provinsi,” ucapnya.

Tahun ini, jumlah peserta yang melaju ketingkat provinsi sebanyak 8 orang. Rincinya, 4 siswa cabang karate dan 4 siswa cabang pencak silat.   Untuk perwakilan karate siswa atas nama Wahyu Fajar Ramadhan SMP Jaya Bekasi, Ryu Ken Yoko SMPN 3 Kota Bekasi, Wilujeng Kusumo Ndaru SMPN 3 Kota Bekasi dan Ivanda Leona Putri Vabita SMPN 26 Kota Bekasi.

Sementara  perwakilan pencak silat siswa atas nama Alfath Ramadhan SMPN 44 Kota Bekasi, Najwa Nur Afifah SMPN 33 Kota Bekasi, Teja Wahyu Nugraha SMPN 13 Kota Bekasi dan Sonia Fairusani SMPN 3 Kota Bekasi.   “Harapannya sama semoga Kota Bekasi bisa membawa pulang medali dan tentunya dapat siswa dan siswi yang terpilih bisa menampilkan hasil yang maksimal,” pungkasnya. (Dew)

Related Articles

Back to top button