Jelang Pemilihan, Empat Cakades Positif Covid-19

Illustrasi : Jelang Pemilihan, Empat Cakades Positif Covid-19
Jelang Pemilihan, Empat Cakades Positif Covid-19

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak empat Calon Kepala Desa (Cakades) dari 16 desa, terkonfirmasi positif setelah dilakukan swab test secara serentak kepada seluruh Cakades. Untuk sekarang, keempat Cakades tersebut sudah dilakukan isolasi secara terpusat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, meminta agar seluruh Cakades menjalani swab test sebelum pelaksanaan Pilkades berlangsung. Kemudian dari 56 Cakades yang di swab test, empat diantaranya positif.


“Dari hasil swab test terhadap 56 Cakades, ada empat orang terkonfirmasi positif Covid-19. Keempat orang tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG),” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Dijelaskan Alamsyah, dari hasil trecing yang dilakukan kepada empat Cakades yang terkonfirmasi positif itu, terpapar di lingkungan masing-masing saat melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga, bagi orang yang kontak erat di lingkungan, akan dilakukan trecing, agar penyebaran tidak meluas.


“Selanjutny kami akan melaksanakan trecing kepada orang-orang yang melaukan kontak erat dengan Cakades,” beber Alamsyah.

Lanjutnya, keempat Cakades yang positif Covid-19 tersebut, berasal dari tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi. Diantaranya, Kecamatan Muaragembong, Cikarang Utara, dan Cikarang Timur. Kemudian untuk sekarang, keempatnya sudah dilakuan isolasi mandiri.

“Dari awal, keempat Cakades tersebut sudah kami lakukan isolasi mandiri, karena masuk dalam kategori OTG,” terangnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi ini menegaskan, nanti keempat Cakades yang postif Covid-19, akan kembali dilakukan swab test setelah melakukan isolasi mandiri. Hal itu untuk memastikan keadaan Cakades tersebut benar-benar sudah sembuh.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan kembali melaksanakan swab test. Mudah-mudahan hasilnya negatif,” terang Alamsyah. (pra)