Kuliah Peduli Negeri Mahasiswa Universitas Mercu Buana

komunitas Ruang Sasindo27
PELATIHAN: Anggota komunitas Ruang Sasindo27 mengikuti pelatihan public speaking dan pengelolaan konten medsos secara daring melalui aplikasi Zoom. istimewa
komunitas Ruang Sasindo27
PELATIHAN: Anggota komunitas Ruang Sasindo27 mengikuti pelatihan public speaking dan pengelolaan konten medsos secara daring melalui aplikasi Zoom. istimewa

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mahasiswa jurusan Public Relation Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) Kampus Jatisampurna Bekasi melaksanakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan memberikan pelatihan public speaking dan pengelolaan konten media sosial (medsos) kepada anggota komunitas.

Kegiatan bertajuk “Pelatihan Public Speaking dan Pengelolaan Konten Media Sosial untuk Meningkatkan Citra Komunitas” ini diikuti oleh 30 orang peserta. Mereka merupakan anggota komunitas bernama Ruang Sasindo27 yang berusia antara 18-27 tahun.


“Kita mengajak komunitas ini karena mereka bergerak di bidang pendidikan dan sosial,” jelas Ketua Pelaksana Kuliah Peduli Negeri UMB Kampus Jatisampurna Syafira, Minggu (20/12).

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali pada 14, 21 dan 28 November 2020. Di tengah pandemi Covid-19, pelatihan diberikan secara daring melalui aplikasi Zoom mulai pukul 10.00-11.00 WIB.


“Sebelum mengikuti pelatihan ini, para anggota komunitas Sasindo mendaftarkan diri secara online untuk bisa mengikuti pelatihan selama 3 kali pertemuan,” tuturnya.

Dalam pelatihan, para mahasiswa semester VII memberikan materi tentang public speaking, pengelolaan media sosial dan pemanfaatan design konten media sosial.

Materi tersebut disampaikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan citra suatu komunitas. ” Jadi ketiga materi ini kita sampaikan pada hari yang berbeda, 1 hari pertemuan kita berikan 1 materi kepada para peserta pelatihan ini,” ucapnya.

Setelah mendapatkan materi pelatihan, peserta diminta untuk membuat konten di Instagram. “Agar kita tahu materi tersebut sampai dengan baik, maka kita minta untuk mereka membuat sebuah konten. Yang memang sesuai dengan materi yang kita sampaikan,” terangnya.

Syafira mengaku bersyukur pelatihan ini berlangsung sukses dan mendapatkan respon baik dari para anggota komunitas. “Alhamdulillah mereka merespon baik kegiatan pelatihan ini meskipun dilaksanakan secara daring,” pungkasnya.

Founder Komunitas Ruang Sasindo27 Syarifah Andriyani mengungkapkan, pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa UMB sangat bermanfaat bagi para anggota komunitasnya.

“Pelatihan ini dapat meningkatkan potensi para anggota komunitas dalam mengaplikasikan materi yang diberikan,” ungkapnya.

Tak lupa, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa UMB atas pelatihan yang diberikan. (dew/pms)