Berita UtamaPendidikan

Seleksi Substansi BCKS Diundur

Plt KCD Pendidikan Wilayah III, Herry Pansila Prabowo
Plt KCD Pendidikan Wilayah III, Herry Pansila Prabowo

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelaksanaan seleksi substansi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) diundur ke akhir Januari. Sedianya dilaksanakan pada 11-15 Januari 2021. Penundaan waktu ini menjadi peluang bagi peserta untuk meningkatkan pengetahuannya.

Plt Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III Herry Pansila Prabowo menyampaikan, pelaksanaan seleksi substansi BCKS mengalami penundaan waktu.

“Ada perubahan atau diundur,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (20/1).

Penundaan waktu itu telah diinformasikan kepada BCKS melalui daring, belum lama ini. Rencananya, seleksi substansi akan dilaksanakan pada awal Febuari mendatang.

“Info dari pusat akan diupayakan akhir Januari atau awal Febuari, nanti jika jadwal sudah keluar akan saya infokan,” katanya.

Menurutnya, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo selaku pelaksana seleksi substansi meminta menunggu kesiapan teknis.

“Karena masih pandemi, mungkin ada beberapa kendala teknis yang harus dibenahi. Jadi kita hanya tinggal menunggu instruksi saja,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Herry, seleksi substansi bagi BCKS tidak hanya akan dilaksanakan oleh KCD Pendidikan Wilayah III. Tetapi seluruh KCD di wilayah Jawa Barat.

“Kan bukan hanya wilayah III saja nih yang akan melakukan tes seleksi subtansi, tapi seluruh wilayah di Jawa Barat. Jadi juga membutuhkan asesor yang banyak dan yang memiliki asesor banyak hanya ada di Solo, jadi kita harus sabar karena situasi dan keadaan juga mempengaruhi kesiapannya,” tuturnya.

Dengan adanya penundaan waktu seleksi, kata Herry, justru akan menjadi peluang bagi BCKS untuk meningkatkan pengetahuannya. Karena itu, KCD menyampaikan kepada seluruh BCKS untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

“Justru diundurnya seleksi subtansi bagi BCKS ini harus bersyukur karena mereka masih ada ruang untuk meningkatkan pengetahuan,” katanya.

Dikatakannya, para BCKS berencana akan mengundang kepala sekolah lulusan 2019 untuk memberikan trik dan tips mengikuti seleksi subtansi. KCD berharap BCKS dapat menguasai beberapa hal.

Antaralain, delapan standar nasional pendidikan, teknik menjawab dan teknik komunikasi.”Nanti kan salah satu tesnya itu ada, tes wawancara bagaimana BCKS bisa menyelesaikan masalah tentang guru atau siswa. Jadi saya harap BCKS bisa menguasai itu,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button