Berita Bekasi Nomor Satu

Disdik Belum Asistensi Dana BOS 2021

Kasubag Keuangan Disdik Kota Bekasi, Taufik
Kasubag Keuangan Disdik Kota Bekasi, Taufik
Kasubag Keuangan Disdik Kota Bekasi, Taufik
Kasubag Keuangan Disdik Kota Bekasi, Taufik

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi belum melakukan asistensi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2021. Penyebabnya, karena masih menuggu petunjuk teknis (teknis).

Kendati demikian, menurut, Kepala Sub Bagian Keuangan Disdik Kota Bekasi Taufik, pihaknya telah mengarahkan satuan pendidikan untuk unggah Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) melalui aplikasi Simbos.

“Ini dilakukan agar jika juknis tersebut keluar kami bisa melakukan langsung proses asistensi,” jelas Taufik kepada Radar Bekasi, Kamis (28/1).

RKAS disusun sebagai acuan penggunaan dana BOS. Sejak Desember 2020, satuan pendidikan jenjang SD dan SMP di Kota Bekasi sudah mulai menyusun RKAS secara manual.

“Dari Desember sekolah sudah banyak yang buat RKAS manual dengan menggunakan mekanisme juknis 2020. Karena juknis yang 2021 belum turun,” katanya.

Adapun proses asistensi dilihat dari beberapa hal. Antara lain, kesesuaian rekening yang digunakan dengan rencana belanja, kesesuaian dengan standar penggunaan dan melihat dari harga barang.

“Yang dilihat dari pagu persekolahnya, dan RKAS yang sudah dibuat, jika ada kesalahan maka perubahan asistensi akan dilakukan pihak sekolah,” tuturnya.

Taufik belum dapat memastikan kapan juknis dana BOS 2021 keluar. Yang pasti, asistensi dilakukan secara daring.

“Kita belum bisa memastikan karena memang belum ada kabar apapun, tapi intinya proses asistensi akan dilakukan secara online,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin