Berita Bekasi Nomor Satu

Ridwan Kamil: Jabar Tak Akan Lockdown

Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

RADARBEKASI.ID, BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tidak akan mengambil kebijakan lockdown untuk wilayah Jabar sebagai upaya menekan pandemi Covid-19. Pemprov justru lebih menyoroti sistem pelaporan kasus yang harus diperbaiki.

”Kami tidak berpikir ada karantina yang sifatnya seperti lockdown,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Gubernur mengatakan, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat indikator penanggulangan pandemi Covid-19 di Jawa Barat membaik.

“Kami memutuskan bahwa PPKM ini kalau datanya bagus, tapi kalau hanya dikejar kasus aktif enggak akurat kan. Saya minta media kalau boleh saya kasih data lab harian. Itu coba viralkan bahwa PPKM bagus menurut data kami,” ujar Ridwan Kamil.

Salah satunya, kata dia, tingkat keterisian rumah sakit di Provinsi Jabar ada di angka 69 persen setelah sempat berada di angka 80 persen.

”Kasus harian yang ditetapkan lab itu sebenarnya sudah turun. Artinya apa? Artinya, kasus yang disebut meningkat oleh pemerintah pusat untuk wilayah Jawa Barat itu banyak sekali kasus lama,” terang Ridwan Kamil.

”Dilaporkan kasus Covid-19 harian di Jabar naik tapi rumah sakit menurun, kan gak nyambung. Minggu lalu 3.300 kasus heboh, padahal 1.900 kasus lama. Kasus barunya 1.200. Nah, ini mohon jangan menilai PPKM hanya dari kasus aktif, itu poin saya karena kasus aktif mengandung data yang kurang akurat,” lanjut Ridwan Kamil.

Dia menuturkan, dimensi lain untuk ukuran kinerja PPKM ada yang masih belum efektif atau perlu dievaluasi dari sisi indeks mobilitas dan kedisiplinan warga menerapkan protokol kesehatan. Berdasar data, pada Januari kepatuhan warga secara kumulatif memakai masker ada di angka 50 persen, sekarang sudah 83 persen kemudian tingkat kepatuhan jaga jarak awal Januari tersurvei 47 atau 48 persen, sekarang sudah 81 persen.

”Petugas di lapangan total sudah menegur 9,7 juta warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan di tempat publik selama PPKM. Dan yang paling disiplin masker sekarang ini adalah Kota Cimahi, dan paling tidak disiplin Kabupaten Bekasi. Yang jaga jarak juaranya adalah Kabupaten Bandung juga di atas 90 persen, yang paling tidak bisa jaga jarak juga Kabupaten Bekasi,” papar Ridwan Kamil.

Oleh karena itu, jika melihat data tersebut, gubernur menyatakan sejauh ini tidak pernah berpikir untuk membuat kebijakan karantina yang sifatnya seperti lockdown. Selain itu, pihaknya juga kembali menyoroti input data harian aktif yang menjadi acuan, namun tidak akurat. ”Ya kalau PPKM membaik kenapa harus ngambil situasi terburuk gitu ya. Makanya supaya omongan saya ini jelas, nanti saya share data yang diumumkan ketemu dengan data lab. Dan pemerintah janji keterlambatan data ini mestinya tidak terjadi lagi,” kata Ridwan Kamil. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin