Berita UtamaPolitik

Gandeng Ulama Nahkodai PKB

Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizki Topananda
Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizki Topananda

RADARBEKASI.ID, BEKASI – DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kota Bekasi memiliki pemimpin baru, masih muda dan penuh semangat. Ya, Rizki Topananda terpilih melalui Musyawarah Cabang (Muscab) ke-V yang digelar serentak bersama 26 daerah lain se-Jawa Barat. Dia menggantikan Ahmad Ustuchri untuk priode 2021-2026.

Sosok Rizki Topananda mungkin kalah tenar dibandingkan sosok ketua yang lama. Meski begitu, untuk kalangan intetnal dia bukan lah orang baru, atau tiba-tiba muncul begitu saja. Tetapi kiprahnya di PKB sudah cukup lama, setelah mengabdi sebagai Tenaga Ahli (TA) anggota DPR RI dari Fraksi PKB. Kini, dia menahkodari PKB Kota Bekasi.

“Yang pasti, hari ini kan PKB sudah membuat skema baru dalam restrukturisasi pengurus hasil Muktamar Bali kemarin itu tahun 2019. Intinya, ada penyelarasan atau penyeragaman kepengurusan tingkat DPR, DPD, dan DPRD. Semuanya dibikin serentak seragam, dan menjabat satu periode, sama periodisasinya kemarin sebelum Muscab ini sudah muncul di Jawa Tengah sebagian di awal Januari itu serentak se-Indonesia,” katanya.

Menurutnya, kalaupun ada pihak yang bicara sumbang terkait penunjukan dirinya sebagai pimpinan partai ini tak masalah, karena dia hanya menjalankan perintah dan mekanisme, serta teknisnya DPP sudah berikan perintah untuk mengutus perwakilan DPW untuk bisa mengawal jalannya proses di Kota Bekasi ini. “Sesuai arahan yang mengacu pada hasil musyawarah di Muktamar itu ada tiga poin, dan itu yang bakal dikerjakan kami,” jelasnya.

Dalam Muscab yang dilaksanakan pada 7 maret kemarin, dihadiri pimpinan PKB di 12 PAC Kecamatan se-Kota Bekasi, termasuk partai dan Kiai-Kiai di Nahdatul Ulama (NU). Adapun teknisnya, karena memang tak ada voting atau pemilihan tapi langsung ditetapkan secara formatur terhadap 5 orang
dan langsung diberi SK oleh DPP dan dibaca saat itu pula.

“Dan proses ini yang pasti nggak begitu saja dilaksanakan, tapi kelimanya itu tetap jalani menjalani sejumlah tahapan bukan saja main tunjuk, tapi melalui proses screaning dan profiling yang panjang juga oleh pihak DPP dan DPW yang tentu hasil suara dari bawah atau DPAC Kecamatan yang saya sendiri pun tak tahu bunyinya apa,” tegasnya

Tugas baru yang diembannya, menjadi kado pria kelahiran 9 maret 1991 ini. Ya, hari ini dia tepat berusia 30 tahun. “Ya, Alhamdulillah semoga amanah ini bisa dilaksanakan dan dijalankan dengan sebaik-baiknya. Tentunya, saya butuh dukungan dari para senior, para Kiai, dan tokoh masyarakat dalam mengemban amanah ini. Khususnya, saya selalu berharap doa dari para Kiai dan Ulama di NU. Dari doa dan dukungan mereka itu, InsyaAllah menjadi kekuatan saya dalam membesarkan PKB di Kota Bekasi ini,” tutur Rizki.

Sejak masih duduk dibangu sekolah, dia sudah aktif di organisasi. Selain itu, dia juga aktif menjadi Pramuka Saka Kota Bekasi. Kecintaan untuk terus aktif berorganisasi berlanjut saat kuliah dan masuk dalam struktur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Nasional (Unas).

Saat masa kuliah itu, jabatannya pun ciamik. Di tahun pertama, dia terpilih sebagai Wakil Ketua BEM bid Organisasi dan kaderisasi. Dan di tahun berikutnya, dia pun diamanati oleh rekan sejawatnya kala itu menjadi Ketua BEM di kampus tersebut. Tak sampai disitu, di luar kampus dia pun aktif ikut organisasi Ikatan Pelajar NU (IPNU), dan pernah duduki kursi Ketua IPNU Kecamatan Bekasi Utara maupun Kota Bekasi.

Pengalaman organisasi itu terus berlanjut, khususnya di Kota kelahirannya dengan tetap aktif berada di organisasi kepemudaan, dan juga organisasi keagamaan, sampai akhirnya kini mendapatkan amanat memimpin PKB kota Bekasi periode 2021-2026. (mhf)

Profil:

Nama :Rizki Topananda
Alamat :Perum. VillaMas Garden Blok FNo15 Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara Kota Bekasi
Tempat,TglLahir :Bekasi, 09 Maret 1991
Jenis Kelamin :Laki-Laki
Agama :Islam
Pendidikan :S1 Administrasi Negara
:S2 Administrasi Kebijakan Publik

Pendidikan
1998—2004 : SD Negeri Perwira 2 Bekasi Utara, KotaBekasi
2004—2007 : SMP Negeri 21 Bekasi Bekasi Utara,Kota Bekasi
2007—2010 : SMA Islam Darut taubah Bekasi Bekasi Utara, KotaBekasi
2007—2010 : Pondok Pesantren Daruttaubah Bekasi Bekasi Utara,Kota Bekasi
2010—2012 : D3 Management Informatika Universitas Nasional PASIM—Bandung
2010—2012 : Pesantren Mahasiswa PUB Universitas Nasional PASIM—Bandung
2012—2016 : S1 Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara YPIAMI—Jakarta
2020(proses) : S2 Administrasi Kebijakan Publik Pasca Sarjana Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama)—Jakarta

Organisasi
2010—2011 : Ketua Angkatan 9 Pesantren Mahasiswa PUB Universitas Nasional PASIM—Bandung
2011—2012 : Wakil Ketua BEM Bid.Organisasi & Kaderisasi Universitas Nasional PASIM—Bandung
2013—2014 : Ketua BEM SekolahTinggi Ilmu Administrasi Negara YPIAMI—Jakarta
2012—2014 : Ketua PAC IPNU Bekasi Utara
2014—2016 : Ketua PC IPNU Kota Bekasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU Kota Bekasi
2017—2020 : Sekretaris PW IPNU Jawa Barat Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar NU Provinsi Jawa Barat 2017—2020 : Wakil Ketua Forum Pemuda Lintas AgamaKota Bekasi
2018—2021 : Wakil Ketua Forum Pemuda Pelopor Patriot KotaBekasi
2013—2023 : Awan PCNU Kota Bekasi
2016—2019 : Wakil Ketua DPD KNPI Kota Bekasi
2016—2021 : Wakil Bendahara Karang Taruna Kota Bekasi
2017—2022 : Ketua Yayasan Cahya Rabbani Perwira
2020—2025 : Dep.Informasi & Komunikasi MUI Kota Bekasi

Related Articles

Back to top button