Berita Bekasi Nomor Satu

KCD Tunda Periksa Kesiapan Sekolah

SMAN 1 Kota Bekasi
CUCI TANGAN: Kepala SMAN 1 Kota Bekasi Ekowati mencuci tangan di wastafel portable yang disiapkan oleh sekolah. FOTO: ISTIMEWA
SMAN 1 Kota Bekasi
CUCI TANGAN: Kepala SMAN 1 Kota Bekasi Ekowati mencuci tangan di wastafel portable yang disiapkan oleh sekolah. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III menunda periksa kesiapan sekolah dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Penundaan verifikasi bagi SMA/SMK di Kota Bekasi dilakukan lantaran sedang berlangsungnya Ujian Sekolah (US).

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono menyampaikan, saat ini para siswa kelas XII SMA sedang menjalani Ujian Sekolah (US).

Oleh sebab itu, pihaknya memutuskan untuk menunda pelaksanaan verifikasi kesiapan sekolah untuk melaksanakan PTM. Sedianya, verifikasi dilaksanakan mulai Senin (29/3).

“Pelaksanaan US sedang berlangsung. Setelah dipertimbangkan jika dilakukan proses verifikasi, maka khawatir akan menganggu siswa kelas XII yang sedang ujian,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (30/3).

Pemeriksaan kesiapan satuan pendidikan oleh pengawas sekolah itu akan dilakukan setelah US selesai pada 7 April 2021. Verifikasi dilakukan berbarengan dengan tingkat SMK.

“Kita menunggu US selesai dulu, baru proses verifikasi dilaksanakan secara bersamaan dengan tingkat SMK agar bisa fokus,” jelasnya.

Namun, menurutnya, penyelenggaran uji kompetensi keahlian SMK saat ini dilaksanakan secara tatap muka di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Saat ini yang dapat izin tatap muka itu tingkat SMK untuk pelaksanaan uji kompetisi keahilan siswa kelas XII,” tukasnya.

Pengawas pembina subrayon SMA 01 dan 02 Kota Bekasi Lukman hakim membenarkan bahwa proses verifikasi belum dapat dilaksanakan. Saat ini sekolah diminta untuk fokus dalam pelaksanaan US secara daring.

“Fokus satu-satu dulu. Jadi mungkin, setelah pelaksanaan US baru akan dilaksanakan verifikasi,” tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh pengawas pembina SMK Kota Bekasi Mumu. Ia mengatakan, proses verifikasi belum dilakukan. Namun melalui pengawas pihak sekolah sudah diminta untuk mempersiapkan hal tersebut.

“Saat ini sebagian sekolah juga sedang uji kompetensi keahlian. Jadi untuk proses kesiapan kami sudah infokan kepada sekolah. Namun secara umumnya verifikasi PTM belum dilaksanakan,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin