Berita Bekasi Nomor Satu

Alokasikan Rp350 Juta Per Bulan

ILUSTRASI: ASN beraktivitas di lingkungan Kantor Pemerintah Kota Bekasi sebelum pandemi, beberapa waktu lalu.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi mengklaim saat ini sudah ada 700 titik Wifi yang tersebar di sejumlah fasilitas publik. Jumlah tersebut bagian dari program 1000 Wifi yang dicanangkan Pemkot Bekasi.

Diketahui program tersebut sudah dicanangkan sejak 2017 lalu. Hingga saat ini 700 titik Wifi tersebar di kantor Dinas, kantor pelayanan kecamatan, kelurahan, kantor RW dan ruang publik.

Kapala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi, Hudi Wijayanto mengatakan, 700 titik Wifi yang terpasang hasil verifikasi ulang.

“Ya saat ini setelah kita verifikasi Wifi yang terpasang ada 700 titik. Dan kenapa kita pasang di kantor pemerintahan dan ruang publik, agar masyarakat bisa menjangkaunya dan mudah mengaksesnya,” kata Hudi, ketika dikonfirmasi Radar Bekasi Minggu (11/4).

Untuk merealisasikan program 1.000 titik Wifi, lanjut Hudi, pihaknya masih terkendala anggaran. Pasalnya setiap titiknya dibebankan biaya ke Pemerintah Kota Bekasi. ”Sehingga kami bertahap untuk merealisasikan 1.000 Wifi di Kota Bekasi,” ujarnya.

Dijelaskannya untuk total 700 titik Wifi, Pemkot Bekasi harus mengeluarkan biaya Rp350 juta per bulan. Dengan hitungan Rp500 ribu untuk biaya satu titik Wifi perbulannya.

“Satu titik Wifi Rp500 ribu per bulan. Dan sekarang ada 700 titik, maka Pemkot Bekasi mengeluarkan anggaran satu bulan Rp350 juta,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, nominal pembiayaan dialokasikan setiap bulan. Namun Pemkot melakukan pembayaran per triwulan. Dan Pemkot akan membayar sesuai struk yang di keluarkan oleh Telkom.

Meskipun membebankan Pemerintah, akan tetapi hal itu dikatakan wajar. Dikarenakan fasilitas yang diberikan memang untuk masyarakat Kota Bekasi dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Walaupun Wifi membebani kita, tetapi jika itu bermanfaat untuk masyarakat kenapa tidak. Dan yang pasti 1.000 titik Wifi akan terus kita lakukan agar terealisasi 1.000 Wifi di Kota Bekasi,” tandasnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin