Bekasi

Covid di Pekayon Jaya Masih Tinggi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Peta zona resiko penyebaran Covid-19 semakin berkurang, awal bulan ramadan ini tersisa 257 lingkungan RT berstatus zona kuning. Pemerintah Kota Bekasi berencana untuk segera memindahkan posko penanganan Covid-19 dari area Stadion Partiot Candrabhaga menuju ke plaza Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi jika zona kuning di lingkungan RT kembali berkurang.

Jumlah lingkungan RT berstatus zona kuning berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bekasi berkurang dibandingkan pekan lalu sebanyak 341 lingkungan RT. Meskipun demikian, jumlah terkonfirmasi dari total spesimen yang diuji atau Positifity Rate masih tinggi, pekan ini masih diangka 18,38 persen, menurun dibandingkan pekan lalu diangka 19,40 persen.

“Itu (RT zona kuning) 3,6 persen, yang sudah hijau 6.870 RT atau 96,39 persen,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Angka kesembuhan pasien saat ini berada di angka 97,64 persen dengan angka kasus aktif 1,09 persen, angka kesembuhan pekan ini berada diatas rata-rata nasional 88,40 persen. Sementara angka kematian berada diangka 1,27 persen.

Catatan kasus di lingkungan kelurahan yang masih menjadi perhatian tersebar di Kecamatan Bekasi Selatan dan Kecamatan Medan Satria. Tertinggi berada di Kelurahan Pekayon Jaya sebanyak 45 kasus, Kayuringin Jaya 27 kasus, Pejuang 25 kasus, Kali Baru 21 kasus, Jakasetia 20 kasus, dan Harapan Mulya 15 kasus.

“Bahkan kalau sampai dengan akhir bulan ini tinggal satu atau dua persen (lingkungan RT berstatus zona kuning), kita mau pindah ke kantor Pemkot,” ungkapnya.

Lingkungan RT di dua wilayah kelurahan yakni Pekayon Jaya dan Kayuringin Jaya rencananya akan ditingkatkan tracing lebih banyak awal Ramadhan ini. Sementara jumlah pasien di seluruh rumah sakit juga dilaporkan menurun dibandingkan pekan lalu, tingkat keterisian tempat tidur di Rumah Sakit (RS) atau Bed Occupancy Rate (BOR) saat ini diangka 48,69 persen.

Pasien yang masih menjalani isolasi di RS darurat Stadion Patriot Candrabhaga tersisa dua pasien, rencananya akan dipindah ke RS darurat Bekasi Utara.

“Tapi ini (RS darurat Stadion Patriot Candrabhaga) tetap digunakan, lebih sulit untuk mempersiapkan lagi. Kekhawatiran orang kan, dari pada nanti disiapkan lagi, lebih baik gunakan yang ada saja,” tukasnya.

Catatan di RSUD Chasbullah Abdulmajid hanya terisi 95 tempat tidur dari total 266 tempat tidur, tiga RSUD tipe D hanya terisi 11 tempat tidur dari total 90 tempat tidur. Sementara di dua RS darurat, tinggal enam pasien tersisa dari total tempat tidur yang disediakan sebanyak 212 tempat tidur. (Sur)

Related Articles

Back to top button