Berita Bekasi Nomor Satu

Raih Medali Emas dan Silver

Muammar Aufar Prasetya
Muammar Aufar Prasetya
Muammar Aufar Prasetya
Muammar Aufar Prasetya

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Prestasi membanggakan diraih oleh siswa SMAN 10 Kota Bekasi Muammar Aufar Prasetya. Pada tahun ini, remaja berusia 16 tahun itu meraih medali emas dan silver dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) dan Online Science Project Competition (OSPC).

Dalam kedua ajang itu, dirinya diminta untuk membuat sebuah project yang dikemas dalam bentuk video. “Ini perlombaan yang memakan waktu persiapan cukup singkat. Aku dikabarin 8 Maret dan dikasih waktu deadline 11 Maret 2021,” ungkap Aufar- begitu sapaan akrabnya.

Dalam 2 perlombaan itu, Aufar membuat sebuah aplikasi pembelajaran agama Islam, yang memuat materi seputar aqidah, syariah, dan tasawuf. Dalam waktu yang singkat ide tersebut dibangun bersama dengan guru pembimbing dan 1 orang temannya. Video presentasi yang dibuat untuk mengikuti seleksi terkait dengan latar belakang, tujuan dan beberapa tampilan dari aplikasi pembelajaran tersebut.

“Dalam 2 event ini kami memberikan materi yang sama, namun cara penyampaian yang berbeda untuk event OSPC saya menyampaikannya dengan menggunakan bahasa Indonesia, dan YISF menggunakan bahasa Inggris,” tuturnya.

Dengan waktu yang tersisa, ia membagi tugas untuk mengedit 2 video tersebut agar dapat dikirim sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia.

“Saya bagi dengan tim, akhirnya saya memutuskan untuk ngedit OSPC dan temen saya ngedit yang YISF,” ujarnya.

Di tengah persiapan perlombaan ini, waktu pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) juga sedang dihadapinya. Oleh karenanya waktu yang tersisa, ia maksimalkan untuk belajar.

“Bener-bener harus bisa atur waktu, tapi alhamdulillahnya semua bisa terkejar,” ucapnya.

Setelah mengirim video tersebut, pada 9 April ia melakukan presentasi video yang sudah dikirim tersebut. Saat itu dirinya tidak berharap untuk bisa memenangkan perlombaan, namun tidak disangka justru sebaliknya.

“Di 16 April aku mendapatkan hasilnya. Alhamdulillah aku berhasil meraih medali gold dan silver. Untuk lomba OSPC sendiri saya berhak mendapatkan tiket ke Iran,” tukasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin