Cikarang

Torehkan Investasi Tertinggi di Jabar

PUSAT PERBELANJAAN : Sejumlah warga sedang bersantai di sebuah pusat perbelanjaan, di Desa Cibatu, Cikarang Selatan, Rabu (19/5). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kabupaten Bekasi tercatat sebagai daerah yang berhasil menorehkan investasi tertinggi di Jawa Barat.

Pada triwulan I 2021, realisasi penanaman modal di daerah dengan kawasan industri terbesar di Indonesia dan se Asia Tenggara ini, mencapai Rp13.455.565.988.043.

Angka tersebut berasal dari penanaman modal asing dan dalam negeri. Sehingga, realisasi investasi di Kabupaten Bekasi ini mencapai 36,23 persen dari total penanaman modal di Jawa Barat.

“Ini menjadi nilai positif bagi Pemkab Bekasi, karena dipercaya oleh para investor untuk menanamkan modalnya,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Sutia Resmulyawan, Rabu (19/5).

Kata dia, dari jumlah tersebut, investasi di Kabupaten Bekasi masih dikuasai oleh penanaman modal asing, yakni mencapai Rp11.642.685.988.043. Sedangkan realisasi penanaman modal dalam negeri sebesar Rp1.812.880.000.000. Belasan triliun rupiah investasi itu, merupakan hasil dari total 1.950 proyek, yang terdiri dari 1.368 proyek penanaman modal asing dan 582 proyek dalam negeri.

“Selain nilai dari penanaman modal ini, sisi positifnya bagi daerah, yakni penyerapan tenaga kerja. Dari data yang kami terima, setidaknya ada 6.732 tenaga kerja yang terserap dari ribuan proyek tersebut,” ucapnya.

Menurut Sutia, tingginya realisasi investasi di Kabupaten Bekasi didongkrak dari tumbuhnya industri di bidang otomotif. Sektor industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain-nya, menyumbang investasi hingga Rp7,86 triliun atau 58,47 persen. Kemudian sisanya, berasal dari sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp1,6 triliun atau sebesar 11,9 persen, dan industri makanan sebesar Rp1,3 triliun atau sebesar 10,01 persen.

Sebagai daerah dengan kawasan industri terbesar, industri otomotif terus menjamur di Kabupaten Bekasi. Sebut saja pabrik mobil Suzuki, Toyota, Daihatsu hingga Wulling. Belum lagi pabrik sepeda motor, Honda pun beroperasi di Kabupaten Bekasi.

Selain industri utamanya, industri pendukung lain seperti pembuatan spare part juga ada, misal baut, kareta mobil dan sebagainya. “Jadi memang industri otomotif cukup besar nilai investasinya di Kabupaten Bekasi,” terang Sutia.

Dari sisi tenaga kerja, lanjutnya, industri yang menyerap banyak karyawan, yakni sektor logam, mesin dan elektronika. Pada realisasi investasi triwulan pertama ini, sektor tersebut menyerap sedikitnya 4.475 tenaga kerja atau 66,47 persen. Kemudian disusul sektor makanan sebanyak 692 tenaga kerja (10,28 persen) dan otomotif sebanyak 684 tenaga kerja (10,16 persen).

Sementara itu, secara keseluruhan, realisasi investasi di Jawa Barat pada triwulan pertama, mencapai Rp37.141.548.033.415. Selain Kabupaten Bekasi sebagai peringkat pertama, realisasi investasi lain berada di Karawang, sebesar Rp7,65 triliun atau 20,6 persen, dan Kota Bandung sebesar Rp6,3 triliun atau sebesar 16,9 persen. (and)

Related Articles

2 Comments

  1. Amira Tent adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa sewa tenda dan perlengkapan alat pesta untuk perusahaan ataupun perorangan yang ingin mengadakan event, seperti wedding (pernikahan), launching, grand opening, peresmian pabrik, bazar dan ulang tahun.

    Adapun jenis tenda terdiri dari Tenda Roder, Tenda Roder Dekorasi, Tenda Roder Dekorasi VIP, Tenda Roder Transparan, Tenda Dekorasi Pernikahan, Tenda Bazar, Tenda Event, Tenda Kantor / Marketing Service, Tenda Gudang, Tenda Sarnafil (Kerucut), dan Alat-alat Pesta.

    Perlengkapan pesta yang kami sewakan meliputi Tenda Roder, Tenda Sarnafil (Kerucut), Tenda Rigging, Tenda Dekorasi VIP Konvensional, AC Standing, Genset, Partisi Pameran, Sofa, Meja dan berbagai jenis Kursi, Flooring, Karpet, Permadani, Lighting Panggung, Rigging, Sound System, Dekorasi Kembang, Panggung, Toilet Mobil dan lainnya.

    Amira Tent melayani Sewa Tenda di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Depok, Bogor, BSD, Tangerang, Banten, Bekasi, Tambun, Cikarang, Karawang, Jawa Barat dan wilayah lainnya.

  2. Amira-tent adalah perusahaan yang bergerak di bidang sewa tenda pesta dan sewa berbagai perlengkapan alat pesta untuk perusahaan ataupun perorangan yang ingin mengadakan event seperti wedding (pernikahan ), launching produk, grand opening, peresmian pabrik, bazar, kantor marketing, dan ulang tahun.

    Amira-tent siap membuat acara Anda lebih berkelas. Kami memiliki tenaga kerja yang handal, profesional dan berpengalaman. Kami siap membantu Anda dari tahap persiapan sampai dengan event selesai dengan baik.

    Amira-tent terkenal dengan karya dekorasi yang inovatif. Mampu membuat tenda dengan berbagai model dan type yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Rasakan keagungan dan kemewahan tatanan tenda dalam pesta yang penuh nuansa, hingga dapat memberikan kenyamanan dan sensasi yang penuh pesona dalam pesta istimewa Anda, Adapun jenis-jenis tenda seperti, tenda roder, tenda dekorasi, tenda dekorasi VIP, tenda AC, tenda kerucut, tenda bazar, tenda event, tenda gudang, dan alat-alat pesta lainnya.

    Berbagai event sudah pernah kami tangani dari event-event skala kecil, sedang dan besar, hingga konferensi tingkat tinggi. Dari event wedding (pernikahan), seminar, konferensi, launching produk, peresmian gedung, apartemen, perumahan, hingga pabrik, kami lah ahlinya yang sudah terbukti.

Back to top button