Berita Bekasi Nomor Satu

Duel Lawan Kiper Swedia, Penyerang Spanyol Frustasi, Akhirnya Seri

Kiper Swedia, Robin Olsen, tampil gemilang saat Swedia menahan imbang 0-0 Spanyol, Selasa (15/6) dini hari WIB (Uefa.com)
Kiper Swedia, Robin Olsen, tampil gemilang saat Swedia menahan imbang 0-0 Spanyol, Selasa (15/6) dini hari WIB (Uefa.com)

RADARBEKASI.ID, SEVILLA-Spanyol harus puas bermain seri tanpa gol saat meladeni Swedia pada laga di Grup E Euro 2020, Selasa (15/6/2021) dini hari WIB. Aksi gemilang kiper Swedia, Robin Olsen, membuat barisan penyerang Spanyol frustrasi. Tim asuhan Luis Enrique tersebut jelas mengalami kerugian dengan hasil 0-0 karena laga digelar di depan publik sendiri yakni di Sevilla.

Robin Olsen menjadi tokoh antagonis bagi La Furia Roja yang harus menelan hasil nirgol kontra Swedia. Catatan statistik laman resmi UEFA memperlihatkan Spanyol mendominasi 75 persen penguasaan bola sepanjang laga, tetapi Alvaro Morata cs gagal mengkonversinya menjadi satu gol pun.

Olsen jelas berperan besar atas hal itu, mengingat dia mengamankan lima dari 17 percobaan tembakan Spanyol yang tepat sasaran sepanjang pertandingan.

Penyelamatan gemilang pertama dilakukan Olsen pada menit ke-16 saat dia memperlihatkan refleks gemilang untuk menepis tandukan tajam Dani Olmo menyambut umpan silang brilian Koke. Lantas kiper Everton pinjaman dari AS Roma itu juga mampu menghentikan tembakan jarak jauh Olmo tepat di pengujung babak pertama.

Olsen kemudian melakukan dua penyelamatan gemilang lain di pengujung laga untuk mementahkan peluang Gerard Moreno dan Pablo Sarabia.

Di luar penyelamatan-penyelamatan Olsen, Spanyol juga pantas menyalahkan diri mereka sendiri yang gagal memanfaatkan begitu banyak peluang di dalam kotak penalti Swedia sepanjang laga. Salah satunya, Alvaro Morata, yang membuang sia-sia peluang bagus pada menit ke-38. Tembakannya melenceng dari sasaran.

Sebaliknya, Alexander Isak menjadi pemain terbaik bagi Swedia kendati tim asuhan Janne Andersson itu tak banyak memiliki penguasaan bola. Isak nyaris memaksa Marcos Llorente mencetak gol bunuh diri pada menit ke-41 ketika penyerang Real Sociedad itu melepaskan tembakan dari sisi kanan. Beruntung bola halauan Llorente membentur tiang gawang sebelum diamankan kiper Unai Simon.

Hasil ini jelas jadi suntikan kepercayaan diri bagi Swedia yang selanjutnya akan menghadapi pemimpin klasemen sementara Grup E, Slovakia, di Saint Petersburg pada Jumat (18/6). Sedangkan Spanyol harus segera mengatasi kemandulan mereka saat menjamu Polandia di La Cartuja sehari berselang. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin