Berita UtamaPendidikan

PPDB  Madrasah Negeri Ditutup, Kemenag Tunggu Laporan Penerimaan Siswa Baru

SELEKSI: Calon siswa baru saat mengikuti seleksi di MAN 1 Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 tingkat madrasah negeri di Kota Bekasi telah ditutup. Kini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat tinggal menunggu laporan penerimaan siswa baru dari masing-masing lembaga.

Berdasarkan data yang dihimpun Kantor Kemenag Kota Bekasi, madrasah negeri berjumlah 6 terdiri dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Adapun rombongan belajar (rombel) tersedia berjumlah 47 dengan kuota siswa baru 1.587.

Rinciannya, MIN rombel 2 dengan kuota siswa baru 75, MTsN 1 rombel 11 dengan kuota siswa baru 352, MTsN 2 rombel 7 dengan kuota siswa baru 224, MTsN 3 rombel 9 dengan kota siswa baru 288 orang, MAN 1 rombel 10 dengan kuota siswa baru 360 dan MAN 2 rombel 8 dengan siswa baru 288.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi Madrasah Kantor Kemenag Kota Bekasi Mulyono Hilman Hakim menjelaskan, pelaksanaan PPDB dalam proses sosialisasi dilaksanakan sejak April 2021. Kemudian pendaftaran dan verifikasi dilakukan pada Mei 2021 dan Juni 2021 pengumuman seleksi oleh masing-masing madrasah.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui pemenuhan daya tampung pada masing-masing madrasah. “Yang mengetahui sudah terpenuhi atau belumnya kuota PPDB tahun ini ada di masing-masing sekolah. Nantinya setelah proses PPDB sudah rampung, pihak madrasah akan membuat hasil laporannya,” jelas Mulyono kepada Radar Bekasi, Rabu (16/6).

Kepala MAN 1 Kota Bekasi Endang Saefudin menyampaikan, penerimaan siswa baru pada tahun ini melalui jalur prestasi dan seleksi. Pada jalur prestasi, pendaftaran secara daring dibuka pada 3-8 Mei 2021 dan proses verifikasi dokumen secara daring sudah dilaksanakan pada 4-19 Mei 2021.

“Kita sudah umumkan pada 20 Mei kemarin. Ada 34 siswa yang lulus dalam jalur prestasi ini,” ucapnya.

Verifikasi dokumen jalur prestasi dilihat dari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), surat keterangan kelas 9, nilai rapor dan beberapa bukti sertifikat. Verifikasi berkas secara langsung juga sudah dilakukan pada jalur prestasi.

Adapun pada jalur seleksi, pendaftaran dilakukan berbarengan dengan verifikasi dokumen pada 3-24 Mei 2021. Pada 27 Mei calon siswa baru mengikuti tes secara langsung. “Kita tesnya secara offline, secara bergilir dengan menerapkan prokes. Makanya agar sedikit panjang waktunya,” terangnya.

Pada PPDB 2021, daya tampung 360 siswa baru di MAN 1 Kota Bekasi telah terpenuhi. Rinciannya, dari jalur prestasi 34 siswa dan 326 siswa dari jalur seleksi. (dew)

Related Articles

Back to top button