Covid-19Kesehatan

OTG atau Gejala Ringan, Profesor: Pasien Covid-19 Wajib Rontgen Dada

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Jangan remehkan Covid-19 sekalipun Anda merupakan orang tanpa gejala (OTG) atau hanya bergejala ringan. Sebab, jika pada paru-paru Anda ditemukan pneumonia, maka bisa saja sewaktu-waktu kondisi bisa memburuk sekalipun Anda berstatus OTG atau bergejala ringan.

Ahli Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban mengatakan pada prinsipnya pasien OTG dan gejala ringan hampir semuanya dipastikan sembuh. Namun ternyata, kata dia, sebagian pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan jika dirontgen, bisa ditemukan pneumonia para paru-parunya.

“Kalau ada orang merasa sehat atau sakit ringan, apakah perlu rontgen? Tetap wajib rontgen! Kalau rontgen ada pneumonia, wajib rawat inap,” ungkapnya.

Zubairi menjelaskan alasannya. Ternyata, jika pasien Covid-19 memiliki pneumonia pada paru-parunya, bisa membuat mereka cenderung menjadi gawat dan seringkali datangnya terlambat ke RS.

“Jika sudah terlambat, seringkali tidak tertolong. Sekali lagi, orang yang sehat gejala ringan atau OTG, tetap wajib rontgen,” jelasnya.

Bagaimana jika sudah di-rontgen dan tak ditemukan pneumonia?

“Boleh isolasi mandiri di rumah. Namun tolong diingat, virus Delta ini amat mudah menular ke anggota keluarga yang lain. Jadi kalau Anda ragu apakah bisa jaga diri tak bisa menularkan ke keluarga yang lain, ya isolasi di wisma atlet atau di hotel misalnya. Sekali lagi, supaya tak terlambat maka wajib rontgen,” katanya. (jpc)

Related Articles

Back to top button