Berita Bekasi Nomor Satu

Kasus Covid-19 Naik 10 Lipat, Kepatuhan 5 M Harus Naik 10 Lipat Juga

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Kasus Covid-19 naik 10 kali lipat dalam kurun waktu kurang lebih sebulan. Akhir Mei lalu, kasus harian Covid-19 masih 2.385 orang per hari, dan per 27 Juni kemarin sudah 21.432 per hari.

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara 2018-2020 Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, kepatuhan memakai masker harus semakin ketat lagi melihat angka yang kian mengkhawatirkan tersebut. Jika kasus sekarang sudah meningkat hampir 10 kali lipat, maka artinya kepatuhan memakai masker juga harus naik 10 kali lipat.

Harus 10 kali lipat lebih waspada menjaga jarak setidaknya 1 meter dan 10 kali lipat lebih mengingat untuk rajin cuci tangan,” katanya kepada wartawan, Senin (28/6).

Untuk menekan kasus, kata dia, cara lain yang harus juga dikejar adalah peningkatan vaksinasi. Memang mungkin dampaknya tidak akan mungkin langsung terlihat karena butuh waktu, tapi jelas vaksinasi memegang peran utama dalam pengendalian pandemi.

“Sebagai ilustrasi saja, India sudah berhasil memvaksinasi 8 juta orang dalam satu hari,” tuturnya.

“Makin ketat pembatasan sosial maka makin mudah aspek menjaga jarak dalam 3M dan hal membatasi mobilitas serta menghindari kerumunan dalam 5 M dapat diterapkan,” tegasnya. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin